Oleh: agriefishery | September 25, 2009

LUBANG BIOPORI

875166_bioporiind

Lubang biopori merupakan salah satu cara meningkatkan daya resap air ke dalam tanah dalam rangka untuk mengurangi aliran air di permukaan tanah dan dapat meningkatkan cadangan air dalam tanah sehingga mampu mencegah terjadinya BANJIR.

Lubang biopori sangat cocok digunakan di daerah perkotaan yang sebagian besar tidak memiliki tempat penyerapan air hujan ke tanah secara langsung karena sebagian besar tanah di perkotaan sudah di semen sehingga air tidak dapt diserap oleh tanah. dan air hujan akan langsung dialirkan ke selokan dan berujung ke daerah sungai yang lama kelamaan dapat memicu terjadinya banjir.

prinsip kerja dari lubang biopori adalah air akan diserap oleh lubang tersebut dan mengurangi adanya aliran air diatas permukaan tanah. lubang ini biasanya akan terbentuk akibat adanya aktifitas dari mikro organisme dan hewan tanah seperti cacing dan bakteri pengurai daun daunan yang membuat rongga rongga di dalam tanah sehingga menjadi tempat lewatnya air dan aor akan langsung meresap kedalam tanah.


Tanggapan

  1. hai,
    senang bertemu Anda melalui blog ini saya Agus Suhanto, posting yang menarik 🙂 … salam kenal yee


Tinggalkan komentar

Kategori