Oleh: agriefishery | Mei 2, 2010

PENYAKIT DAN PENGOBATANNYA PADA RAINBOW FISH

PENYAKIT DAN PENGOBATANNYA

Ada beberapa penyakit yang menyerang rainbow. Dari beberapa penyakit tersebut, penyebabnya bias bakteri, jamur atau parasit.

  1. Ich

Disebabkan oleh parasit Ichthyopthirius multifillis.  Penyakit dikenali dengan adanya bintik putih pada sirip atau insang. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian, karena parasit akan memakan sel darah merah. Pengobatan yang dilakukan tidak akan efektif jika jika dilakukan pada fase parasit sedang berkembang menjadi dewasa.

2. Costia

Penyakit disebabkan oleh serangan Costia necatrix. Gejala yang tampak antara lain kulit berlendir banyak dan warna tubuh memudar. Parasit tergolong protozoa dan menyerang bagian kulit karena memiliki akar yang dapat menembus sel kulit ikan.

3. Velvet

Penyebab penyakit ini adalah serangan parasit Oodinium limnecticium yang juga termasuk protozoa. Gejala ikan yang terserang penyakit ini adalah ikan seperti diberi bedak putih pada tubuhnya atau seperti dibalut klain bludru.

4. Tricodina

Penyebab penyakit Tricodina sp. yang memiliki susunan gigi tajam berbentuk radial. Gejala berupa lapisan putih kekuningan tak beraturan di kepala dan punggung. Jika bagian insang yang diserang maka ikan akan sulit bernafas dan menyebabkan kematian.

5. Bakteri

Bakteri yang menyerang rainbow adalah Pseudomonas, Aeromonas, Hemophilus dan Myxobacteria. Gejala yang tampak adalah tubuh lemah, tidak nafsu makan, ada lapisan lender pada insang, sirip dan ekor rusak serta cepat kurus. Penyeranan bersifat lama dan jarang dapat tertolong karena sudah terlalu parah. Ini terjadi karena adanya luka yang menyebabkan bakteri dapat masuk dalam tubuh ikan.

6. Jamur

Infeksi terjadi ketika ikan luka. Jenis jamur yang menyerang rainbow, yaitu Saprolegnia sp. dan Achlya sp. ikan yang terinfeksi ditandai dengan  munculnya bulu-bulu halus seperti kapas yang menempel.

7. Cacing jangkar

Cacing jangkar (Lernea sp.) termasuk parasit ordo Copepoda. Cacing menempel dan mencari makan pada tubuh ikan. Penyebaran terjadi melalui ikan, wadah, maupun peralatan yang tidak bersih. Ikan yang terinfeksi pertumbuhannya akan lambat. Keberadaannya sangat terlihat jelas jika sedang menyerang. Ukurannya sekitar 20 mm.

SUMBER :

Nasution, S.N.. 2000. Ikan Hias Air Tawar : Rainbow. Penebar Swadaya. Jakarta.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: