Oleh: agriefishery | Juli 15, 2012

ANATOMI IKAN MASKOKI

Anatomi Organ Dalam Ikan Maskoki

SUMBER PHOTO: http://www.nevadagoldfish.com/2010/11/internal-goldfish-anatomy.html

Di dalam rongga tubuh Maskoki, ada organ-organ seperti ginjal, gelembung renang, kelenjar kelamin (gonad), dan organ pencernaan. Sedangkan liver juga ditemukan di rongga perikardial Maskoki.

istem jaringan otot

Maskoki dapat berenang dengan bantuan sistem jaringan otot. Kerangka Maskoki dapat diklasifikasikan ke dalam dua tipe: kerangka utama dan kerangka pendukung. Dikendalikan oleh sistem saraf, jaringan otot melekat dengan kerangka (tulang) dan membuat kontraksi dan aktivitas otot sehingga Maskoki dapat bergerak dan berenang.

Sistem pencernaan
Makanan akan diubah menjadi nutrisi oleh sistem pencernaan dan penyerapan. Sedangkan makanan yang sudah dicerna akan dibuang menjadi feses. Sistem pencernaan Maskoki terdiri dari mulut, faring dan laring, gigi faring, usus, kantung empedu, liver, pankreas dan anus. Maskoki tidak bisa menelan makanan besar langsung ke dalam sistem pencernaan ini, sebab mulut Maskoki kecil; tidak ada gigi di rahang, mulut menjorok ke depan, dan dinding sistem pencernaan dalam itu halus. Otot yang tebal terdapat di atas bibir, yang dapat merenggang dengan leluasa, membantu mendorong makanan di dalam mulut ke dalam dan atau mengeluarkannya dari dalam mulut. Di samping mulut terdapat faring dan laring, dan di bawahnya ada gigi faring yang akan mengunyah makanan. Setelah sampai di organ-organ ini, makanan menuju kerongkongan dan saluran usus. Saluran usus dibagi menjadi tiga bagian: usus depan, usus tengah dan usus belakang. Tidak ada lambung di dalam sistem pencernaan ini. Maskoki yang kelebihan makan akan membuat usus depan menggembung; sehingga perut depan Maskoki akan tampak buncit; dan ini tidak baik bagi kesehatan Maskoki. Sangat disarankan agar Maskoki tidak mengonsumsi banyak pakan dalam satu kesempatan. Berikanlah pakan kepada Maskoki dalam jumlah sedikit namun sering.

Sistem pernafasan

Sistem pernafasan membantu Maskoki untuk menghirup oksigen dan membuang karbondioksida. Dalam sistem ini, insang adalah organ yang memegang pernanan paling penting. Organ insang terdapat di rongga insang di bawah opercula. Di setiap opercula terdapat empat lengkung insang pada dua insang lamella. Insang filamen yang penuh dengan pembuluh darah kapiler terdapat pada insang lamella. Ketika mulut dan opercula bergerak dengan harmonis, maka oksigen yang terlarut dalam air akan dibawa ke pembuluh darah kapiler, air akan keluar melwati insang, sedangkan karbondioksida dalam darah dilepaskan ke air.
Sistem pengeluaran
Limbah metabolisme dibuang melalui organ-organ pengeluaran seperti ginjal, kantung kemih, dan insang.

  • · Ginjal: Ada dua buah organ yang berwarna merah gelap yang terletak di bawah tulang punggung dan melekat dekat dengan rongga tubuh bagian belakang. Organ ini adalah ginjal yang berfungsi untuk memproduksi urin dan membuang limbah.
  • · Kantung kemih: Organ ini berbentuk datar dan oval dan berada di antara anus dan lubang ekskresi. Di belakang kantung kemih terdapat saluran kencing (uretra).
  • · Insang: Banyak limbah sisa metabolisme yang dibuang melalui insang.
Sistem sirkulasiAktivitas kehidupan Maskoki diwujudkan melalui sel-sel dengan fungsinya sendiri-sendiri. Nutrisi dan oksigen yang diserap serta limbah dan karbondioksida yang dibuang merupakan bagian dari tanggung jawab sistem sirkulasi.

  • · Jantung: Organ ini tersusun oleh satu atrium dan satu bilik. Terletak di dekat hubungan antara tubuh dan kepala, jantung sebagai kekuatan utama dalam sistem sirkulasi berada di dalam rongga perikardial. Darah membuat sirkulasi berjalan dengan baik, yang pergerakannya sendiripun diatur oleh jantung.
  • · Pembuluh darah: Ada tiga tipe pembuluh darah pada Maskoki: pembuluh darah arteri, pembuluh dara vena, dan pembuluh darah kapiler. Di antara ketiga tipe pembuluh darah ini, pembuluh darah kapiler sangatlah kecil. Akan tetapi, ada banyak sekali pembuluh darah kapiler yang tersebar di seluruh bagian tubuh Maskoki yang menyediakan ruang untuk pertukaran udara dan substansi.
  • · Darah: Darah pada Maskoki berwarna merah. Merah ini berasal dari hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen.
  • · Kantung sperma: Kelenjar kelamin utama (gonad) pada Maskoki jantan adalah sepasang kantung sperma yang berada di bawah organ gelembung renang dan di bagian belakang hepatopankreas. Kantung sperma berbentuk panjang dan datar. Fungsinya adalah memproduksi sperma ketika Maskoki jantan sudah memasuki usia matang.
  • · Indung telur: Kelenjar kelamin utama (gonad) pada Maskoki betina adalah sepasang indung telur. Indung telur yang sudah matang penuh berisi sel telur yang berwarna kuning. Zigot yang akan menjadi burayak dihasilkan dari pertemuan sel telur dan sperma akibat pembuahan di luar tubuh induk betina.
Sistem urinogenital

Reproduksi pada Maskoki bergantung pada system urinogenital. Maskoki adalah makhluk hidup yang berkembang biak dengan cara bertelur. Maskoki dikenal dengan dua jenis kelamin: jantan dan betina.Sistem keseimbangan

  • · Gelembung renang: Organ ini berisi udara. Organ gelembung renang sering dibagi menjadi bagian depan, bagian belakang dengan dikompresi tengah. Fungsi utama dari organ gelembung renang adalah untuk membantu Maskoki naik atau turun agar dapat beradaptasi di dalam air.
  • · Sistem saraf dan sistem endokrin: Sistem saraf dan sistem endokrin ini berfungsi untuk mengkoordinasi pergerakan semua organ agar semuanya selaras.
  • · Sistem saraf: Sistem saraf ini terdiri dari otak, sumsum tulang belakang dan saraf. Ujung saraf ini berhubungan dengan semua organ sensori (organ sensori di kulit, organ akustik, organ penciuman, dan organ penglihatan, dll.) serta jaringan otot untuk mendapatkan impuls. Otak, saraf dan saraf tulang belakang dapat mengendalikan semua aktivitas di seluruh tubuh.

Sistem endokrin

Sistem ini dikendalikan oleh sistem saraf. Sistem endokrin berfungsi untuk menyesuaikan seluruh aktivitas tubuh Maskoki dengan mengeluarkan hormon.

 SUMBER:

http://www.nevadagoldfish.com/2010/11/internal-goldfish-anatomy.html

ARTIKEL LAINNYA:

[ARCHIVES LIMIT=10]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: