Oleh: agriefishery | Juli 24, 2012

CARA PERAWATAN IKAN NIASA

sumber photo : http://nembwe.com/cichlids-2/malawian-cichlid-profiles

Ikan ini membutuhkan banyak bebatuan terutama karang-karangan dan tempat persembunyian. Selain itu, ikan ini juga membutuhkan parameter air alkali. Parameter air yang cocok bagi ikan ini adalah pH antara 7 hingga 8,5 dengan gH di atas 7 dH. Suhu yang baik bagi Melanochromis auratusi adalah antara 22-26°C. Sediakan ukuran aquarium yang memadai agar ikan ini bisa berenang dengan leluasa. Seperti biasa, sediakan pula sistem filtrasi air yang baik untuk menjaga kebersihan air di dalam aquarium.

Ikan Melanochromis auratusi terbilang sangat agresif terhadap tankmates-nya sehingga tidak kompatibel jika disatukan dengan ikan-ikan lain. Yang paling tepat adalah menempatkan satu ekor ikan Melanochromis auratusi jantan dengan beberapa betina. Alternatif lain adalah menyediakan satu buah aquarium khusus untuk seekor ikan Auratus.

Solusi ketika ikan Auratus ini masih agresif walau sudah diberi banyak tempat sembunyi (teritori) adalah dengan merombak setting aquarium agar dia merasa seperti masuk ke dalam habitat baru. Pakan yang cocok untuk ikan ini di antaranya adalah cacing halus (bloodworm). Selain itu, bisa pula diberikan pakan olahan seperti cacing beku dan pellet. Sebagai tambahan, berikan spirulina sebagai suplemen makanannya. Bersihkan kapas filter secara rutin karena kapas filter yang terlalu kotor akan menyebabkan sistem filtrasi tidak berjalan dengan optimal. Apabila memungkinkan, periksa parameter air secara periodik untuk memastikan bahwa kondisi air tidak berbahaya bagi ikan ini.

SUMBER :

http://www.porink.com/bloggy/2011/07/26/mengenal-melanochromis-auratus/#axzz21Vnf9YyA

ARTIKEL LAINNYA:

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: