Oleh: agriefishery | Juli 14, 2012

PEMILIHAN SUBSTRAT AQUASCAPING

sumber photo : http://aquariuminfo.org/substrate.html

Substrat adalah materi bagian bawah tempat akar tanaman air menempel atau biasa disebut tanah pada tanaman daratan. Ada 3 kegunaan substrat tanaman air pada akuarium, yaitu sebagai media penyerapan unsur hara oleh akar tanaman air, sebagai media untuk berdiri tegaknya tanaman air dan sebagai background yang menampakkan keindahan akuarium (menampilkan keadaan alami / natural bagi tanaman dan ikan). Substrat yang baik  memacu pertumbuhan tanaman air  lebih cepat  daripada kualitas air yang baik di akuarium.

Ada berbagai jenis substrat untuk tanaman air yang dapat digunakan sebagai media tumbuh di akuarium. Substrat yang sederhana dan biasa digunakan adalah pasir kwarsa dengan diameter 2-3 mm. Tipe pasir ini baik digunakan sebagai substrat karena dapat diperkaya dengan kotoran ikan sebagai pupuk (dapat menjebak kotoran ikan). Dengan penambahan beberapa pupuk dan unsur hara maka jenis ini dapat digunakan untuk tanaman air. Secara umum, berbagai tipe substrat dapat dikombinasikan sebagai media tumbuh di akuarium. Termasuk diantaranya tanah, berbagai jenis tanah liat, humus, peat, serta berbagai produk komersial seperti laterit.

Menurut Fenner (2007), substrat akuarium yang baik ialah substrat yang bebas dari kandungan kapur, berukuran antara 0,5 – 1 mm dan berbentuk membulat (tidak runcing). Substrat yang terlalu kecil akan menyebabkan dasar akuarium mudah teraduk sehingga akar tanaman pun lepas dan mengeruhkan akuarium. Suryanata (2007), menyebutkan bahwa pasir berukuran besar akan menyulitkan akar tanaman untuk dapat berdiri kokoh serta menyebabkan kotoran masuk kedalam pasir, sedangkan pasir yang runcing dapat melukai batang tanaman sewaktu ditanam dan melukai ikan. Penebaran pasir di akuarium sebaiknya cukup tebal untuk tempat pupuk dasar dan tumbuhnya akar tanaman. Kayu – kayuan pun harus bebas dari kapur, tenggelam, dan tidak busuk bila terendam air. Selain untuk dekorasi, kayu berfungsi untuk tempat sembunyi ikan dan sebagai media tumbuh tanaman. Batu – batuan yang dipakai harus tidak mengandung kapur. Selain sebagai dekorasi, batu – batuan dapat digunakan untuk menutupi peralatan akuarium.

sumber :

Fenner, B. 2007. Substrat For Live Plant Tanks. <http://www.wetwebmedia.com/ theaquariumgardenerseries/substratForLivePlantTank.htm>. Diakses tanggal 2 Desember 2010.

ARTIKEL LAINNYA:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: