Oleh: agriefishery | Juli 14, 2012

PEMBUATAN AQUASCAPE AIR TAWAR

 

sumber photo : http://www.fckreality.com/?p=290

Pembuatan dekorasi akuarium dimulai dengan menaburkan sepetiga bagian dari total tinggi pasir yang akan dimasukkan kemudian ditaburkan pupuk diatasnya dan dicampur. Diatas pupuk tersebut ditutupi lagi dengan 2/3 bagian dari total tinggi pasir yang akan dimasukkan. Ornamen batu dan kayu yang sebelumnya telah dicuci, dipasang sesuai dengan desain yang ingin dibuat. Setelah itu melakukan pengisian air sampai setengah bagian dari volume air di akuarium yang diinginkan. Teknik pengisian air ini biasanya menggunakan selang yang ditadah dengan piring supaya air yang masuk ke akuarium tidak mengaduk substrat pasir di dasar akuarium dan merusak dekorasi yang telah dibuat sebelumnya. Langkah selanjutnya ialah menanam tanaman air yang telah dirsiapkan sesuai dengan desain yang diinginkan dan setelah selesai, air yang keruh kemudian dibuang dan diisi kembali dengan air yang bersih (Yulianto, 2001).

Langkah – langkah setup aquascape adalah sebagai berikut :

  1. Substrat dicampur dengan pupuk dasar. Campuran ini sebagai lapisan dasar aquascape kira-kira setebal 3 cm. Para aquascaper biasanya menggunakan lapisan tanah merah sebagai lapisan pertama dengan catatan tanah merah yang dipakai harus murni dan bebas pupuk, pestisida dan bahan – bahan kimia lainnya.
  2. Lapisan pertama ditutup dengan substrat setinggi 3 – 7 cm. Bagian belakang bisa dibuat kontur yang agak meninggi.
  3. Aksesoris kayu atau batu bila ada dipasang, untuk memulai rancangan kasar.
  4. Aquarium diisi dengan air 1/3 bagian dari volume air yang diinginkan kemudian mulai menanam dari tanaman background, midground dan foreground. Untuk setup pertama kali usahakan menanam sepadat mungkin agar perkembangan algae terhambat oleh pertumbuhan tanaman. Kemudian setelah beberapa minggu kepadatan tamanan bisa dikurangi jika diinginkan.
  5. Aksesoris Filter, lampu dan CO2 set dipasang dan disesuaikan dengan bentukan dekorasi akuarium yang dibuat.
  6.  Aquascape akan terlihat stabil apabila mulai terlihatnya pertumbuhan tanaman. penggunaan pupuk cair sudah dapat dilakukan sesuai dosis volume akuarium .

ARTIKEL LAINNYA:

 


Responses

  1. […] untuk mematikannya. (kompas)Topik  artikel tentang air di blog tetanggaDiskusi Kecil Sebuah GalonPEMBUATAN AQUASCAPE AIR TAWARMemancing – Perbedaan Antara Saltwater Dan Ikan Air TawarPelayanan air bersih Indonesia […]

  2. jenis pohon yang digunakan untuk aquascape?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: