Oleh: agriefishery | Juli 13, 2012

MENGENAL AKUARIUM IKAN

SUMBER PHOTO: http://www.fishproblems.com/tag/quarantine-tank/

Akuarium berasal dari bahasa latin yaitu aqua yang berarti air, dan rium yang berarti tempat. Definisi akuarium yaitu suatu tempat ikan, tanaman air, dan organisme air lainnya yang mempunyai minimal satu sisi transparan untuk dapat dilihat (Anonim, 2008).

Secara umum, akuarium terbuat dari bahan kaca dengan tujuan untuk menampilkan keadaan atau situasi yang ada di dalamnya. Dalam hal ini keindahan sehingga kita mampu melihat suatu bentuk pemandangan yang menarik mirip dengan habitat ikan yang ada di tempat asalnya.

Kaca akuarium terbagi menjadi 3 jenis yaitu float glass,tempered glass, dan laminated glass. Selain ketiga jenis tersebut, saat ini terdapat akuarium yang terbuat dari acrylic. Float glass merupakan kaca yang pembuatannya melalui proses float yang menghasilkan kaca yang kedua permukaannya rata dan bebas distorsi, dengan dimensi yang bervariasi. Tempered glass merupakan float glass yang dipanaskan hingga 700 °C lalu mendadak didinginkan dengan cara menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca. Kaca tersebut tiga kali lebih kuat dibanding dengan kaca biasa terhadap beban air, angin dan benturan, namun tidak dapat diproses lebih lanjut seperti dipotong dan dibuat lubang. Laminated glass merupakan penyatuan dua lembar atau lebih kaca float yang disatukan dengan lembaran film polifinil melalui proses pemanasan dan pengepresan. Kaca tersebut sangat cocok digunakan untuk akuarium yang sangat besar,karena tingkat keamanan kaca ini sangat tinggi yaitu jika kaca pecah maka kaca laminated glass tersebut tidak akan berhamburan, hanya retak saja. Akuarium berbahan acrylic lebih kuat daripada kaca, dan 45 % lebih ringan daripada kaca biasa. Akuarium tersebut dapat didesain dengan bentuk – bentuk yang tidak biasa, seperti cembung dan heksagonal. Kelemahan dari akuarium acrylic yaitu mudah tergores (Suryanata, 2007).

SUMBER:

<http://en.wikipedia.org/wiki/aquarium>

Suryanata, L. 2007. Aquarium And Aquascaping. Aquarista. Jakarta.

ARTIKEL LAINNYA:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: