Oleh: agriefishery | Juli 1, 2012

PERBEDAAN KOI IMPOR DENGAN KOI LOKAL

SUMBER PHOTO : http://4.bp.blogspot.com/_WcxiY2Y4dSw/SvRJ_JwBISI/AAAAAAAABUg/lR23Fkr4VPg/s400/The_Niigata_Nishikigoi_Indu.jpg

Beda Koi Import dengan Koi Local

Koi Local:

– mulut agak ke depan
– proporsi antara badan dan kepala agak berbeda dengan koi jepang (kalau masih kecil susah dibedakan, seperti yang sudah diterangkan sebelumnya)
– pertumbuhan badan agak kecil (beberapa penjual sudah menjual Jumbo Tosai -ikan berumur kurang dari 1 thn- ukuran cukup besar. Saya beli beberapa, tapi sampe sekarang pertumbuhannya tidak sesignifikan koi jepang)
– pada ukuran 25-50cm warnanya bagus, tapi koi saya yang berukuran lebih dari itu agak pudar warnanya. Padahal makanan yang digunakan sama. (ini agak subyektif, karena berdasarkan pengalaman pribadi bukan research)
– untuk lomba ukuran 18-45cm ikan lokal bisa bersaing dengan ikan jepang. Untuk diatas itu… bisa tapi sangat jarang. Biasanya kalah pada penilaian struktur body.

Koi Jepun:
– mulut agak ke bawah
– rata-rata proporsional badannya karena sudah melalui proses QC yang panjang dari Jepangnya (kalau mau beli, sebaiknya dari penjual yang memiliki reputasi baik)
– ukuran tubuh bisa menjadi besar (ada beberapa karakter yang bisa jadi indikasi saat pilih ikan)

Saya tidak bilang bahwa ikan jepang lebih baik dari yang lokal, they are just like Levi’s and Armani, Lee Cooper, or Tira Jeans. Atau kalau komparasinya motor, seperti; Harley Davidson dan Honda, atau Suzuki, atau Yamaha. Tiap orang punya preferensi dan tujuan sendiri. But for me… i prefer to take the original one.

Ini juga tergantung tujuan pemeliharaan,
– Kalau mau sekedar memelihara saja di kolam rumah, ikan lokal yang dijual dipasaran cukup ekonomis.
– kalau mau ikut kontes ikan lokal, koi blitar grade super dan A bisa dipelihara. Tapi harganya juga tidak murah, sama saja dengan koi jepang. Tosai bisa sampe 1-6 jt.
– kalau mau memelihara di rumah tapi sering baca majalah & Buku Koi, sebaiknya Koi Jepang. Karena buntut-buntutnya pasti ke sana.

source from http://www.koi.com


Responses

  1. Jual Lahan buat buat Koi, air jernih dekat sumber ngalir 24 jam, debit besar, aman, pinggir jalan luas 1300m2 dusun Kedungrejo-Pujon, Malang 5 menit dari Dewisri buat yang tertarik silahkan survey/langka. harga nego mulaiRp.550.000/m2. Bp Tri telp. 0341-7754277


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: