Oleh: agriefishery | Juni 27, 2012

DOMESTIKASI IKAN BUDIDAYA

Ikan yang akan dibudidayakan adalah ikan yang telah mengalami domestikasi dalam lingkungan budi daya. Domestikasi adalah pemindahan suatu organisme dari habitat lama ke habitat baru dalam hal ini manusia biasa memperoleh ikan dengan cara mengambil dari alam kemudian dipelihara dalam suatu lingkungan yang terbatas yaitu kolam pemeliharaan.

Suatu jenis ikan dalam sistem budi daya ikan dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat domestikasinya menjadi empat tingkat sebagai berikut :

1.      Domestikasi sempurna, yaitu apabila seluruh siklus hidup ikan sudah dapat dipelihara di dalam sistem budi daya. Contoh beberapa jenis ikan asli Indonesia yang sudah terdomestikasi sempurna antara lain ikan gurame, ikan baung, dan bandeng.


2.      Domestikasi dikatakan hampir sempurna apabila seluruh siklus hidupnya sudah dapat dipelihara di dalam sistem budi daya, tetapi keberhasilannya masih rendah. Ikan asli Indonesia yang terdomestikasi hampir sempurna antara lain ikan betutu, balashark, dan arwana.

3.      Domestikasi belum sempurna apabila baru sebagian siklus hidupnya yang dapat dipelihara di dalam sistem budi daya. Contohnya antara lain ikan Napoleon, ikan hias laut, dan ikan tuna.

clown Fish

4.      Belum terdomestikasi apabila seluruh siklus hidupnya belum dapat dipelihara di dalam sistem budi daya.

Sumber :

Gusrina, 2008. Budidaya Ikan Jilid I. PT Macanan jaya cemerlang. Jakarta.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: