Oleh: agriefishery | Mei 30, 2012

KAPAL TENAGA SURYA MADE IN INDONESIA

Wuih, Ini Dia Kapal Tenaga Surya Made In Indonesia

Biaya operasional minimal 10 tahun ke depan, kapal bertenaga matahari jauh di bawah kapal BBM

Sumber energi ramah lingkungan kian diburu seiring dengan makin meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Satu diantaranya adalah energi matahari. Hal inilah yang kemudian mendasari 7 peneliti dari Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Teknologi Kelautan dan Perikanan (P3TKP) Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) untuk mengoptimalkan energi surya tersebut melalui solar panel sebagai sumber penggerak motor listrik pada kapal katamaran (lambung ganda).Mereka adalah Donald Manurung sebagai ketua tim, serta anggota yang terdiri atasHandy Chandra, Permana Ari S, Indra Pratama, Dwiyoga Nugroho, Sofiyan Muji P, dan Oo A Rosyid.

Pengujian lapangan awal Februari lalu menunjukkan hasil yang menggembirakan. Menurut Donald, kapal mampu mencapai kecepatan 4 knot atau 8 km/jam serta jarak tempuh hingga 15 mil laut atau 30 km pada putaran maksimum motor. Dan wahana ini mampu berlayar di sekitar pantai dengan ketinggian gelombang maksimum 0,5ā€“0,8m. Perjalanan tersebut dimulai dari Tanjung Burung, Tangerang sampai Pantai Putri Duyung, Ancol, Jakarta.

Hasil ini akhirnya mempertebal optimisme peluncuran kapal katamaran. Selain meminimalkan pencemaran air, kinerjanya lebih optimal dibanding kapal monohull (lambung tunggal). Memiliki panjang sama dengan monohull, kapal katamaran lebih stabil dan luasan geladak lebih besar.Sehingga ruangan bisa dipakai untuk banyak aktivitas dan muatan. Realisasinya, kapal bisa memuat 8 orang tanpa barangatau 6 orang dengan tambahan barang 400 kg. Contohnya, kapal ini bisa memuat peralatan riset seperti tabung selam, ROV (remotely operated vehicles), karung (bulk), serta keranjang ikan.

Motor dan Sel Surya

Fungsi kapal katamaran itudidukung oleh spesifikasi motor listrik DC 2.000 Watt yang didesain untuk mendorong kapal dengan bobot sampai3 ton. Wujudnya adalah motor penggerak kapal tenaga listrik dan teknologi sel surya (solar cell). Sebagai penyerap energinya, digunakan 8 modul surya 80 Watt peak (Wp) yang ditampung pada 6 baterai DC 100 Amper jam tipe deep cycle.

Untuk badan kapal, Fiberglass Reinforced Plastic(FRP) didesain ringan dan lapang sesuai pemakaian di laut. Teknik pencampuran fiberglass berkualitas bagus dengan biaya yang lebih murah dari bahan kayu, serta mudah untuk dibuat lengkungan tajam yang dibutuhkan kapal. Fungsi utama baterai untuk menjaga motor tetap memperoleh energi dalam menggerakkan kapal. Jumlah baterai didesain mampu memasok energi ke motor listrik walaupun seharian cuaca mendung.

Investasi
Untuk membangun kapal ini, Donald mengungkapkan,setidaknya diperlukan investasi sekitar Rp 105 juta. Proses pembuatannya dilakukan antara Agustus hingga November 2011. Rencananya kapal ini akan dilepas dengan harga Rp 120 juta.

Jika dibandingkan kapal sejenis dengan motor penggerak BBM (Bahan Bakar Minyak) bertenaga setara, investasi kapal katamaran memang lebih besar. Namun untuk kebutuhan jangka panjang kapal ini tidak memerlukan biaya operasional untuk pembelian BBM. Biaya perawatannya pun kecil. Yaitu hanya memerlukan pembersihan berkala pada permukaan kaca solar panel agar cahaya matahari bisadiserap semaksimal mungkin. Baterainya pun mengggunakan tipe Maintenance Free (MF). Serta lambung kapal yang lebih sederhana karena permukaannya yang licin mudah dibersihkan.

Dalam pengaturan arah, terdapat hubungan Global Positioning System (GPS) langsung ke satelit. ā€Track kapal terekam dan bisa langsung ketahuan berapa Watt daya yang dipakai di monitor. Hal ini bermanfaat untuk penggunaan mesin dan pengaturan baterai,ā€ tambah Donald.

Selengkapnya baca di majalah Trobos edisi Maret 2012

SUMBER :

http://www.trobos.com/show_article.php?rid=19&aid=3294


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: