Oleh: agriefishery | Januari 20, 2011

PENYU SISIK (Eretmochelys imbricata)

Hawksbill Sea Turtle (Eretmochelys imbricata), Costa Rica

Panjang punggung / karapas 75 – 95 cm, mempunyai sisik pada bagian karapas yang tumpang tindih (overlapping) mirip susunan genteng. Karapas berbentuk jantung atau ellips, berwarna coklat dengan corak coklat tua dan hitam. Kepala berukuran sedang menyempit dengan paruh runcing, mempunyai dua pasang sisik terdepan dan 3 atau 4 buah dibelakang mata, paruh tidak bergerigi pada bagian sisi tetapi melengkung pada bagian ujung. Penyempitan atau pemanjangan moncong dan penebalan sisik dari karapas adalah penyesuaian bagi penanggulangan gelombang dan untuk mengambil makanan dari celah – celah karang dan atau yang menempel pada karang. Perut berwarna krem kadang – kadang dengan beberapa bercak hitam. Beratnya 38 – 70 kg. Moncongnya mirip paruh elang. Telur berjumlah 89 – 190 butir, bergaris tengah 3 – 4 cm dan menetas setelah 47 – 75 hari dalam suhu 24 – 32 derajat celcius. Sepanjang hhidupnya bersifat omnivora.

Hawksbill Sea Turtle and Spadefish

 

sumber :

Anonim. 1993. petunjuk pelaksanaan pembinaan dan pengelolaan penyu laut di Indonesia. direktorat jenderal perikanan. direktorat bina sumber hayati. jakarta.

Iklan

Responses

  1. permisi salam kenal bang nama saya mufakkir sekrg kuliah di stp jakarta jurusan management perairan semester 8.. saya sngat tertarik dengan beberapa blok ini. sya skrg lagi persiapan untuk berangkat penelitian di belitung di pulau kimar tentang penyu sisik.. sya mau nnyak ada gak masih buku Anonim 1993


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: