Oleh: agriefishery | Januari 5, 2011

KESALAHKAPRAHAN NAMA CUPANG PADA IKAN BETTA

Click the image to open in full size.

Nama ikan ini sesungguhnya adalah ikan betta atau sering juga disebut ikan laga. Nama cupang yang dipakainya selama ini merupakan kesalahkaprahan. Orang menyebut cupang hanya karena melihat sifat suka berantemnya saja. Sedangkan cupang sesungguhnya diberikan untuk menyebut ikan yang berlabel Ctenops vittatus atau Tricopsis vittatus.

Melekatnya nama cupang pada betta splendens mungkin merupakan andil masyarakat betawi, penduduk asli maupun pendatang, yang terkenal memiliki perbendaharaan kata yang aneh ā€“ aneh. Karena ikan ini sering diadu dan terlihat saling memagut dengan seru, lahirlah sebutan cupang untuknya. Pasalnya, pagut ā€“ memagut inilah yang diidentikkan dengan cupang.



Mungkin nama cupang selamanya akan disandangnya, karena yang mempunyai nama itu sendiri, Ctenops vittatus, tidak sepopuler ikan betta ini. Ctenops vittatus memiliki badan yang warnanya biasa ā€“ biasa saja, lagipula naluri bertempurnya tidak ada. Lain halnya dengan ikan cupang yang betta splendens, selain cantik warnanya dan lebar siripnya, juga keahliannya berlaga atau bertarung sungguh memikat perhatian banyak penggemarnya. Maka lengkaplah nasib sial cupang asli yang bakal tenggelam di bawah pesona cupang palsu alias betta ini.

SUMBER :

Susanto, H. 1992. Memelihara Cupang. Kanisius. Yogyakarta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: