Oleh: agriefishery | Desember 27, 2010

RANBOW MERAH

Red Rainbow Glossolepis incisus

Ikan rainbow merupakan jenis ikan hias yang banyak diminati masyarakat karena jenis ikan ini merupakan komoditas ekspor.  Ikan Rainbow Merah atau Red Raibow (Glossolepis incisus) berasal dari perairan Danau Sentani (Papua). Ikan memiliki bentuk tubuh yang pipih dan bersirip punggung ganda. Panjang tubuh ikan jantan mencapai 12 cm dan betina 10 cm. Tubuh ikan Rainbow merah jantan berwarna merah terang (merah bata) dan betina merah pucat. Terdapat warna kemerahan pada kedua sisi bagian tengah tubuh. Warna sirip tubuh kemerahan atau jingga. Penampilan warna akan lebih cantik bila menjelang masa pemijahan.

Red Rainbow merupakan tipikal ikan yang pendamai. Rainbow hidup di perairan agak tenang (tidak berair deras seperti danau dan rawa) umumnya memiliki bentuk agak melebar ke bawah. Rainbow berkembang biak dengan bertelur. Jumlah telur yang dihasilkan bervariasi tergantung ukuran dari induknya. Diperkirakan jumlah telur yang dihasilkan berkisar 50-150 butir per induk untuk sekali bertelur. Telur rainbow diletakkan pada substrat berupa tanaman air sehingga cukup terlindung dari serangan pemangsa. Beberapa jenis rainbow menempelkan telurnya di antara bebatuan sungai.

Adult Red Rainbowfish (Glossolepis incisus)

Kualitas air merupakan salah satu factor yang mendukung kehidupan air. Umumnya rainbow merah menyukai perairan yang sejuk dengan suhu air berkisar 28 oC. Nasution (1991) mengamati bahwa pertumbuhan rainbow akan lebih tinggi atau meningkat pada suhu 29 oC. namun, perlu diperhatikan bahwa suhu 31 oC, rainbow akan mengalami kegagalan fungsi tubuhnya yang dapat menyebabkan kematian. Rainbow dapat hidup pada pH 7,2. Kandungan oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh rainbow seperti halnya ikan budidaya lain, kandungan oksigen yang cukup yaitu berkisar 6-8 mg/l. ikan rainbow merupakan salah satu ikan yang peka terhadap kekeruhan. Untuk itu tempat hidup rainbow harus jernih atau bening dengan kekeruhan yang sangat rendah. Untuk perwatan di akuarium lebih baik diberikan tambahan bebatuan, tanaman dan kayu-kayuan. Untuk menjaga kualitas perairan dapat digunakan filter air. Pakan yang diberikan dapat berupa pakan buatan (pellet)

photo

SUMBER :

Nasution, S.N.. 2000. Ikan Hias Air Tawar : Rainbow. Penebar Swadaya. Jakarta.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: