Oleh: agriefishery | Desember 27, 2010

Proses Pemijahan RAINBOW FISH

Melanotaenia splendida inornata "Anniversary Creek"

Proses pemijahan berlangsung dengan sangat cepat dan hampir tidak diketahui. Diperkirakan terjadi dalam keadaan gelap pada malam hari atau menjelang pagi. Tanda-tanda induk akan memijah dapat dikenali dari sifatnya yang tampak akrab berduaan. Warna tubuh induk jantan berubah menjadi lebih tajam (kontras). Perkenalan induk jantan dan induk betina terkadang berlangsung lama. Mula-mula induk jantan akan mengejar dan mendekati pasangannya. Kemudian induk betina meiuk-liukan sirip punggung dan ekornya sampai menghadang dan memojokkan betinanya ke substrat.

Pemijahan rainbow yang sulit diperkirakan mengharapkan pengamatan terhadap substrat yang dipasang untuk terus diamati. Telur yang menempel tampak berupa butiran bening berdiameter 1 mm. Jika telah diketahui induk betina telah bertelur, maka indukĀ  dipindah pada wadah yang berbeda meskipun induk jantan tidak memakan telurnya. Hal tersebut dilakukan agar induk tidak mengganggu dalam penetasan telur.

Telur pada substrat akan menetas pada hari ke lima setelah telur dikeluarkan dari induknya. Setelah menetas larva tidak diberikan pakan karena sudah dibekali kuning telur sebagai makanannya. Kuning telur akan habis dalam waktu 4-5 hari.

SUMBER :

Nasution, S.N.. 2000. Ikan Hias Air Tawar : Rainbow. Penebar Swadaya. Jakarta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: