Oleh: agriefishery | Desember 27, 2010

Persiapan sarana dan prasarana PEMIJAHAN RAINBOW FISH

Trifasciata Goyder River F2 Rainbow Fish

1.      Wadah pemijahan

Wadah yang digunakan untuk pemijahan rainbow dapat berupa akuarium kaca atau bak semen. Akuarium kaca untuk pemijahan biasanya berukuran 100 cm x 50 cm x 50 cm atau 80 cm x 40 cm x 40 cm, sedangkan bak semen biasanya berukuran 1 m x 2 m x 0,5 m. masing-masing wadah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penggunaan akuarium kaca biasanya menyebabkan perubahan temperature air lebih cepat karena volumenya yang sedikit. Untuk pengunaan bak semen biasanya temperature yang ada cenderung stabil karena volume air yang besar. Namun perawatan pada bak semen lebih sulit dibandingkan dengan akuarium.

2.      Filter pemijahan

Habitat ikan rainbow yang menginginkan kondisi perairan yang mengalir mengindikasikan bahwa ikan rainbow menginginkan perairan yang kaya akan oksigen. Untuk itu diperlukan pompa air untuk membuat kondisi tempat pemijahan mengalir. Selain pompa tersebut harus dilengkapi dengan filter air yang berperan untuk menyaring sisa pakan dan feses pada perairan sehingga kualitas air yang ada tetap terjaga.

3.      Substrat

Substrat digunakan untuk menempelkan telur yang dikeluarkan induk rainbow. Seperti habitat aslinya dimana rainbow biasa menempelkan telur pada tanaman air maupun bebatuan. Substrat yang dapat digunakan untuk tempat menempelkan telur dapat berupa tanaman air, seperti enceng gondok, ijuk halus atau tali raffia yang dibuat serabut. Sebelum digunakan substrat tersebut harus dicuci terlebih dahulu agar terhindar dari penyakit, parasit atau bahan kimia. Dari ketiga substrat tersebut substrat yang paling baik adalah dari tali raffia. Tali raffia yang di potong-potong sepanjang 30 cm, kemudian diikat pada salah satu ujung kemudian disikat dengan sikat kawat sehingga berbentuk serabut memiliki kelebihan tidak busuk dan memiliki daya lekat yang baik untuk telur. Disamping itu tali raffia mudah diperoleh dan dapat digunakan berkali-kali.

SUMBER :

Nasution, S.N.. 2000. Ikan Hias Air Tawar : Rainbow. Penebar Swadaya. Jakarta.

 


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: