Oleh: agriefishery | Desember 27, 2010

Persiapan Induk RAINBOW FISH

Ikan hias dengan kualitas yang tinggi salah satunya ditentukan oleh kualitas dari induk dan perawatan. Induk ikan rainbow dipilih lebih besar di antara kelompoknya. Induk dipilih yang telah matang gonad. Biasanya induk yang matang gonad sudah berumur sekitar 6-7 bulan atau panjang tubuhnya sudah mencapai 5 cm. Selain ukuran dan umur ikan, induk yang sudah matang gonad pun dapat dilihat dari perilakunya yang cenderung tidak ingin disaingi. Induk betina dipilih biasanya yang perutnya membulat karena menandakan sudah siap memijah. Pada induk jantan, warna tubuhnya cenderung menjadi lebih menarik karena merupakan sifatnya agar induk betina tertarik. Ciri-ciri induk jantan dan betina sebagai berikut :

1. Indukan jantan

  1. Memiliki gonadopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut) yang merupakan modifikasi sirip anal yang berubah menjadi sirip yang panjang
  2. Tubuhnya ramping
  3. Warnanya lebih cerah
  4. Sirip punggung lebih panjang
  5. Kepalanya besar

 

1. Indukan betina

  1. Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tetapi berupa sirip halus
  2. Tubuhnya gemuk
  3. Warnanya kurang cerah
  4. Sirip punggung biasa
  5. Kepalanya agak runcing

 

Induk ditempatkan dalam wadah yang sudah disiapkan. Perbandingan antara induk jantan dan induk betina 1:1 atau 1:2. Kepadatannya dalam satu wadah pemijahan sekitar satu pasang untuk setiap empat liter air. Setelah di masukkan dalam wadah kemudian induk tersebut diadaptasikan selama kurang lebih satu hari. Dalam masa adaptasi tersebut induk dibiarkan tanpa diberi pakan. Setelah proses adaptasi selesai kemudian induk-induk dibersihkan dari penyakit yang mungkin terbawa dari tempat sebelumnya. Walaupun yang dipilih merupakan induk yang sehat namun kemungkinan penyakit atau parasit menempel masih ada.

Upaya pencegahan atau pembersihan dapat dilakukan dengan perendaman induk-induk dalam larutan garam dapur (NaCl), methilene blue (MB), malachhyte green (MG) atau antibiotika. Dosis yang digunakan adalah 1 ppm. Selama masa pemijahan jangan lupa ikan diberikan pakan. Pakan sebaiknya diberikan dalam jumlah yang cukup dan mengandung gizi yang tinggi. Pakan yang diberikan dapat berupa cacing sutra dan larva Chironomous sp. Selain itu induk juga dapat diberikan pakan berupa pellet yang diperkaya karotin dan PUFA (polysaturrated fatty acid) PUFA ini dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan dan kualitas telur serta benih yang akan dihasilkan.

SUMBER :

Nasution, S.N.. 2000. Ikan Hias Air Tawar : Rainbow. Penebar Swadaya. Jakarta.


Responses

  1. saya ingin tahu bagaimana cara pengembangbiakan ikan rainbow,tolong informasikan ke saya. Thanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: