Oleh: agriefishery | Desember 15, 2010

PELEPASAN TUKIK SUKAMADE

Prinsip pelepasan tukik yang dilakukan disini adalah pelepasan tukik secepat – cepatnya sehingga untuk umur pelepasan tukik belum diketahui secara pasti kapan tukik tersebut ideal untuk dilepas. Tukik tersebut dilepas biasanya saat ada wisatawan datang. Pelepasan tukik disini cenderung dimanfaatkan untuk ekowisata. Namun, bila jumlah tukik terlampau banyak maka tukik tersebut biasanya langsung dilepas walaupun tidak ada wisatawan yang datang.

Pelepasan tukik di pantai sukamade ini biasa dilakukan pada pagi hari atau pada sore hari. Namun sebenarnya, waktu yang tepat untuk pelepasan tukik ini adalah pada sore hari dikarenakan pada waktu ini predator yang serung memangsa tukik lebih sedikit dan juga tukik akan lebih tersamarkan dengan datangnya gelap sehingga kemungkinan saat dilepas akan lebih survive saat mencapai laut karena telah terkamuflase oleh datangnya malam.


Tahap  lain dalam penetasan telur adalah memantau setiap hari atas kemungkinan munculnya tukik dari sarang penetasan. Munculnya tukik – tukik tersebut biasanya pada malam hari hingga menjelang fajar. Tukik – tukik yang baru muncul perlu segera ditangkap dan dikumpulkan agar terhindar dari serangan predator atau membiarkan mereka menuju kelaut dengan diawasi dengan baik. Namun cara yang kedua kurang memberikan hasil yang diharapkan yaitu meningkatkan populasi penyu di alam. Hal ini disebabkan banyak peneliti yang menyatakan bahwa laju survival anak penyu hingga dewasa hanya mencapai 5 % saka. Cara yang paling baik adalah memelihara tukik tersebut hingga mencapa ukuran yang cukup kuat untuk menghadapi serangan predator. (Priyono, 1989).

SUMBER :

Priyono., A. 1989. Pengelolaan Habitat dan Satwa Penyu Laut. Media Konservasi Volume II. Januari 1989. 33 – 38.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: