Oleh: agriefishery | Agustus 4, 2010

PARASIT PADA PENYU

Dari hasil kerja lapangan yang saya lakukan di pantai sukamade taman nasional meru betiri saya  menemukan jenis jenis parasit yang sering menyerang penyu dewasa. saat penyu hijau mendarat di panatai sukamade untuk bertelur. disana begitu banyak saya beserta apa petugas menemukan parasit yang menyerang penyu tersebut.

Green sea turtle with severe fibropapilloma tumors on head © Doug Perrine / SeaPics.com

parasit tersebut berupa kerang – kerangan atau biasa kita sebut teritip yang hampir mirip dengan jenis teritip yang biasanya menempel di lambung kapal.warna teritip ini putih dengan bagian lunak di dalamnya yang lama kelamaan dapat mengikis karapas penyu sehingga berlubang. parasit ini biasanya ditemukan di karapas namun tidak menutup kemungkinan untuk tumbuh di bagian tubuh lain karena saya juga menemukan parasit jenis ini dapat tumbuh di kepala penyu maupun di flipper penyu.

teritip yang mirip di tubuh penyu

selain parasit jenis teritip tersebut, kami juga menemukan parasit sejenis mahluk lunak seperti lintah yang biasanya terdapat pada leher penyu terutama pada bagian tubuh penyu yang lunak. hewan ini sifat hidupnya cenderung berkoloni sehingga jika dibiarkan makin lama akan makin banyak dan akan menyakiti penyu tersebut.

parasit lain yaitu jenis softcoral yang bisanya tumbuh di karapas penyu. parasit ini tidak bisa dibersihkan karena sudah menyatu dengan daging tubuh bagian dalam penyu. kami pernah mencoba membersihkannya dengan pisau namun justru menyakiti penyu tersebut karena terlah menyatu dengan tubuhnya.sungguh sangat ironis karena saat itu kami tidak bisa berbuat banyak sehingga hanya membersihkan parasit jenis teritip dan parasit seperti lintah tersebut saja dengan pisau.

bila kita tidak menemukan langkah langkah untuk membersihkannya sungguh malang nasib penyu tersebut yang kemungkinan besar lama kelamaan akan mati karena tubuhnya di gerogoti terus dari dalam.


Responses

  1. permisi. saya mau tanya bagaimana cara menanggulangi penyakit pada penyu tersebut? adakah obat untuk menyembuhkannya? trma kasih

    • untuk jenis parasit teritip yang baru menempel kita bisa mncongkelnya dengan pisau. namun bila teritipnya sudah menembus karapas dan masuk ke bagian daging sudah sulit untuk dibersihkan lagi. untuk hal tersebut mungkin kita hanya bisa berdoa moga penyunya dapat bertahan hidup lama

  2. as salamualaikum. boleh tau ada kajian terperinci mengenai parasit pada penyu?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: