Oleh: agriefishery | Juni 3, 2010

Mengapa Akuakultur Penting?

Mengapa Akuakultur Penting?

Akuakultur sangat penting karena banyak manfaatnya, antara lain:

  • Ikan dan hewan air lainnya merupakan sumber protein dan gizi lainnya yang sangat baik. Hanya sebuah kolam kecil saja akan dapat memberikan cukup ikan untuk peningkatan gizi keluarga, terutama anak-anak. Dagingnya dapat dikonsumsi dalam bentuk segar sesuai kebutuhan sehingga tidak sampai ada yang busuk atau terbuang. Ikan juga dapat diperdagangkan atau dikeringkan untuk dikonsumsi kemudian.
  • Dapat memberikan lebih banyak daging untuk areal lahan yang sama daripada yang bisa disediakan oleh binatang lain. Ini merupakan cara yang paling efsien untuk menghasilkan daging berkualitas tinggi dengan kandungan protein yang lebih banyak.
  • Dapat memberikan pendapatan tambahan keluarga dan masyarakat.
  • Setelah ikan dipanen, kolam dapat dibersihkan dan dasar kolam serta kotorannya dapat dipergunakan sebagai pupuk tanaman yang memiliki kualitas tinggi, kaya akan nitrogen dan sangat kuat sehingga untuk penggunaanya harus dicampur dengan air terlebih dahulu. Air kolam juga merupakan pupuk, tapi dengan kekuatan yang lebih rendah. Jika kolam dekat dengan kebun, maka beban kerja untuk mengangkut atau membawa air untuk menyirami kebun bisa dikurangi
  • Sistem akuakultur merupakan suatu cara yang sangat baik untuk mengubah kotoran hewan dan sampah tanaman menjadi makanan ikan dan pupuk tanaman air.
  • Dapat memanfaatkan lahan yang memiliki produktivitas rendah atau lahan yang tidak terpakai, misalnya lahan rawa atau payau.
  • Produksi padi, ayam, babi, dan bebek, semuanya dapat dikombinasikan dengan akuakultur untuk meningkatkan produksi dalam kedua sistem yang bergabung tersebut. Sistem ini juga dapat diintegrasikan dengan terasering, sengkedan, dan tangkapan-tangkapan air lainnya.
  • Sistem akuakultur membantu aliran air dan drainase di musim hujan. Di musim kemarau, sistem ini menyediakan suatu penyimpanan air yang dapat digunakan untuk kebutuhan tanaman dan hewan.
  • Sistem akuakultur mengubah dan memodifkasi iklim. Sistem ini membuat suhu sekitarnya sejuk sehingga iklim menjadi lebih nyaman. Ini sangat menguntungkan bagi tanaman serta lingkungan sekitar rumah.
  • Sistem akuakultur akan menarik burung, katak, serangga yang berguna, serta predator hama lainnya. Hal ini akan membantu meningkatkan penyerbukan tanaman, serta mengurangi masalah hama di sekitar lingkungan akuakultur.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: