Oleh: agriefishery | Mei 12, 2010

FLUKTUASI SUHU PERAIRAN

suhu merupakan salah satu faktor penting untuk kelangsungan kehidupan ikan di suatu perairan.suhu di perairan indonesia untuk sekarang ini semakin tinggi fluktuasinya sehingga kelangsungan kehidupan makhluk hidup diperairan (ikan) akan semakin terancam karena tidak mampu menyesuaikan dengan suhu lingkungan yang terkadang tiba-tiba berubah dengan drastis misal pada musim pancaroba.

setiap ikan memiliki batas optimal dan minimal batas toleransi terhadap suhu di perairan. ikan sebagian besar merupakan hewan poikiloterm yaitu suhu tubuh yang selalu  menyesuaikan dengan suhu lingkungan.Perubahan suhu air lingkungan menyebabkan ikan akan selalu berusaha menyesuaikan suhu tubuhnya (Jangkaru, 1993). Menurut Bennet  (1970) ikan akan bereaksi terhadap setiap perubahan suhu baik dalam kisaran sempit ataupun luas. Apabila perubahan suhu air di buat secara bertahap maka ikan akan menyesuaikan diri dan masih dapat bergerak walaupun sedikit.

Suhu air menjadi faktor pembatas utama yang menentukan pertumbuhan dan kehidupan ikan. Suhu yang tinggi akan meningkatkan jumlah konsumsi oksigen sehingga dapat menyebabkan kematian (Welch, 1952). Suhu berpengaruh terhadap kelarutan gas-gas di dalam air dan kehidupan organisme di dalamnya. semakin tinggi suhu di perairan maka semakin tinggi pula metabolisme ikan sehingga dalam proses tersebut maka ikan membutuhkan banyak energi untuk kelangsungan kehidupannya. energi dapat diperoleh dari pakan yang akan digunakan untuk bergerak mencari pakan, bereproduksi dll.

fluktuasi suhu perairan sangat dipengaruhi oleh kedalaman suatu perairan. semakin dlam suatu perairan berarti semakin rendah suhunya. massa air terberat dicapai pada suhu 4 derajad celcius. sehingga bila suhu air lebih dari itu biasanya massa air akan lebih ringan contohnya air akan menjadi es dan akan mengapung keatas perairan.


Responses

  1. fluktuasi suhu juga dipengaruhi oleh keadaan sekitar perairan. Misal, perairan Kabupaten Tapanuli Tengah yang kian hari semakin rusak. perubahan fluktuasi suhu sangat drastis akibat kegiatan PLTU Batu-bara di suatu Pulau di Tapanuli Tengah. Pembuangan limbah yang melalui pipa-pipa dasar laut langsung kedasar perairan yang mengakibatkan substrat dasar berubah menjadi lumpur yang beracun. Bukan hanya perairan yang dipengaruhi tetapi hasil tangkapan nelayan terus menurun.

  2. dunia ada untuk di rusak manusia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: