Oleh: agriefishery | Mei 2, 2010

PENDEDERAN IKAN RAINBOW

PENDEDERAN

Pendederan dilakukan ketika larva rainbow berumur 30 hari. Kepadatan larva disini sangat diperhatikan. Kepadatan yang baik untuk larva rainbow adalah 10 ekor/l air. Pendederan dapat dilakukan di bak semen atau akuarium. Untuk menciptakan lingkungan wadah seperti habitat aslinya, maka sebaiknya wadah pendederan diberikan tanaman air yang berupa enceng gondok atau kiambang. Luas areal yang ditutupi oleh tumbuhan air sekitar setengah dari luasan kolam. Jangan sampai luasan kolam ditutupi tumbuhan air karena jika seluruh permukaan kolam ditutupi oleh tanaman air maka suhu perairan akan menjadi dingin.

Selama pendederan pakan alami yang diberikan dapat berupa cacing rambut dan udang rebon. Penggunaan variasi dari kedua pakan tersebut sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari ikan rainbow. Selain pakan alami tersebut dapat diberikan pakan buatan berupa pellet yang memuliki ukuran sesuai dengan bukaan mulut dari ikan rainbow. Takaran pemberian pakan baigi anakan rainbow diperkirakan 30 % untuk pakan alami dan 20 % untuk pakan buatan. Perbedaan ini dilakukan dengan memperhitungkan perbedaan kandungan air dari kedua jenis pakan tersebut.

Pengelolaan kualitas air harus terus dijaga pada masa pendederan. Penyiphonan dapat dilakukan terus selama 3 hari sekali. Jika dirasa air yang digunakan terlalu buruk dapat dilakukan pergatian air yang dilakukan secara perlahan-lahan. Penggantian air yang dilakukan secara perlahan-lahan dilakukan agar ikan rainbow tidak stress menghadapi pergantian air yang ekstrem.

Setelah 1 bulan masa pendederan, rainbow sudah dapat dijual dengan ukuran rainbow kecil atau S (small). Untuk mencapai ukuran sedang atau M (medium), diperlukan waktu pemeliharaan selama 1 bulan sejak rainbow berukuran S.

SUMBER :

Nasution, S.N.. 2000. Ikan Hias Air Tawar : Rainbow. Penebar Swadaya. Jakarta.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: