Oleh: agriefishery | Mei 2, 2010

GURAME COKELAT (Sphaerichchys osphromenoides )

Spesies muda tersebut bertubuh pendek dengan gerakan lambat memiliki warna yang sangat menarik. Kepala lancip dengan mulut kecil berwarna cokelat kemerahan variasi cokelat dan pola hitam pada bagian dubur dan sirip ekor. Sirip punggung dan sirip dubur panjang dan membentang dari bagian tengah tubuh sampai pangkal sirip ekor. Didekat pangkal ekor terdapat totol bulat berwarna hitam. Gerakannya lincah. Ia suka bermain-main dengan krikil di dasar akuarium. Spesies tersebut adalah Gurami cokelat, Chocolate goramy atau bahasa ilmiahnya Sphaerichchys osphromenoides.

Klasifikasi

Kingdom         : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               :  Actinopterygii

Ordo                :  Perciformes

Family             : Osphronemidae

Sub Family      : Trichogastrine

Genus              : Sphaerichthys

Spesies            : Sphaerichchys osphromenoides

Gurami cokelat memiliki nama lain Osphronemus malayanus. Pemeliaharaan spesies tersebut diakuarium harus dilengkapi dengan tanaman mengambang, tempat persembunyian yaitu kayu, batu dan akar. Pemeliharaan diakuarium tersebut bila tanpa didukung kualitas dan kondisi air yang optimal maka ikan gurami cokelat tersebut rentan terhadap infeksi jamur, parasit dan bakteri. Gurami cokelat ukurannya bisa mencapai panjang 5-6 cm. Belang putih dibadan gurami cokelat membuat ikan tersebut tampil sangat cantik. Sirip ekor transparan. Tanpa memperhatikan dengan seksama, gurami cokelat tampak seperti tak berekor. Gurami cokelat tergolong ikan hias lokal. Gurami cokelat berasal dari sumatera, kalimantan, malaysia, asia tenggara dan semenanjung Malaya. Penyebarannya secara alami hanya terdapat di sumatera dan Malaysia. Dialam gurami cokelat bisa hidup sampai usia 4 tahun. Ikan tersebut menyukai tempat hidup berperairan tenang,  berair lunak dan sedikit asam sehingga bila pemeliharaan diakuarium perlu dihindari pemberian garam.

Gurami cokelat di alam berhabitat didaerah rawa-rawa yang bergambut. Ikan tersebut pemalu, tergolong omnivora, makan organisme hidup dan memiliki labyrin sehingga dapat mengambil oksigen langsung dari udara. Hidup pada suhu yang tergolong tinggi 26-31oC, derajat keasaman 4-6. dengan substrat berpasir, perairan lembut 0-5 oH, kesadahan 0-8o N. pemeliaharaan baiknya dilakukan secara berpasangan. Gurami cokelat jantan memiliki warna kuning atau putih disepanjang perbatasan tepi sirip dubur, warna tubuh lebih kemerahan. Betina memiliki warna tubuh dan sirip ekor yang gelap dengan titik hitam pada sirip ekor tersebut serta perut membucit ketika matang gonade. Perkembangbiakkan guarmi cokelat sangat sulit. Namun, jika didukung dengan kondisi air dan paremeter yang optimal dan pakan yang baik gurami cokelat akan berkembang biak dengan membuat sarang busa dan mengerami telur pada sarang busa tersebut. Telur bisa berjumlah sampai 80 telur. Selanjutnya betina menginkubasi telur dalam mulutnya selama 14 hari. Selama waktu tersebut ikan betina tidak makan sehingga kondisi ikan betina sebelum dilakukan pemijahan harus dalam kondisi prima. Ikan jantan akan menjaga ikan betina tersebut. Perlakuan pemijahan demikian menyebabkan gurami cokelat tergolong ikan mouthbrooder yaitu ikan yang mengerami telurnya didalam mulut. Gurami cokelat memakan jasad renik jenis artemia, daphnia, rotifera,, drosophila, tubifex, ganggang, udang air asin, larva nyamuk, lalat buah.

Sumber :

Sitanggang, M dan B. Sarwono.2007.Budidaya Gurami. Penebar Swadaya.Jakarta

Anonim.2008.www.google.co.id// Sphaerichchys osphromenoides/berbagai sumber Diakses 29 November 2009

Seluruh gambar diambil langsung dari sumbernya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: