Oleh: agriefishery | April 21, 2010

Eucheuma cotonii atau E. alvarezii atau Kappaphycus alvarezii (Doty) Doty

Nama daerah : “Cotonii” nama ini umumnya lebih dikenal dan biasa dipakai dalam dunia perdagangan nasional dan internasional.

Identitas : Thallus silindris, permukaan licin, cartilagineus, warna hijau, hijau kuning, abu-abu atau merah. Penampakan thalli bervariasi mulai dari bentuk sederhana sampai kompleks. Duri-duri pada thallus terdapat juga sama seperti halnya dengan E. spinosum tetapi tidak bersusun melingkari thallus. Percabangan ke berbagai arah dengan batang-batang utama keluar saling berdekatan di daerah basal (pangkal). Tumbuh melekat ke substrat dengan alat perekat berupa cakram. Cabang-cabang pertama dan kedua tumbuh membentuk rumpun yang rimbun dengan ciri khusus mengarah ke arah datangnya sinar matahari. Cabang-cabang tersebut tampak ada yang memanjang atau melengkung seperti tanduk.

Habitat dan sebaran :Di alam, pertumbuhannya melekat pada substrar dengan alat perekat berupa cakram. Jenis ini asal mulanya didapat dari perairan Sabah (Malaysia) dan Kepulauan Sulu (Filipina). Kemudian dikembangkan ke berbagai negara sebagai tanaman budidaya.

Nilai dan potensi ekonomi : Di Indonesia, seluruh produksinya berasal dari budidaya, antara lain dikembangkan di Jawa, bali, NTB, Sulawesi dan Maluku. Sebagai komoditasekspor dan bahan baku industri dalam negeri penghasil “carageenans” (karaginan). Karaginan yang dihasilkan adalah tipe kappa karaginan. Oleh karena itu jenis ini secara taksonomis dirubah namanya dari Eucheuma alvarezii menjadi Kappaphycus alvarezii.

Gambar  4. Eucheuma  cotonii  atau E. alvarezii atau Kappaphycus  alvarezii (kiri warna hijau dan kanan warna coklat)

SUMBER :

Profile Rumput Laut Indonesia. 2003. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. Departemen Kelautan dan Perikanan.

Iklan

Responses

  1. klo mo nyari ruput laut jenis ni dmn y?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: