Oleh: agriefishery | April 9, 2010

PERSIAPAN KOLAM PEMBESARAN LELE

Sebelum penebaran, perlu dilakukan persiapan kolam pembesaran meliputi beberapa hal sebagai berikut (Anonim, 2002) :

1. Pengeringan

Pengeringan dilakukan untuk meningkatkan produksi, memperbaiki pematang, juga merupakan salah satu bentuk kontrol alami terhadap pengganggu ataupun predator, dan menyebabkan terjadinya mineralisasi dari kandungan organik dan mengoksidasi asam organik. Lamanya pengeringan disesuaikan dengan keadaan cuaca, jika cuaca baik, pengeringan dasar kolam cukup selama 2-3 hari. Setelah dikeringkan dilakukan pembuangan lumpur yang menumpuk di dasar kolam sehingga ketebalan lumpur dari 20-30 cm menjadi 10-15 cm. Lumpur yang terbuang digunakan untuk menutupi kebocoran yang ada pada pematang.

2. Pengapuran

Kolam untuk budidaya lele dumbo, sebelum penebaran benih maka perlu ditebarkan kapur yang bermanfaat untuk memberantas hama dan bibit penyakit. Kolam yang baru dibuat ditebarkan kapur sebanyak 20 – 150 kg/100 m2, sedangkan kolam yang sudah pernah digunakan, ditebarkan kapur sebanyak 10 – 15 kg/100 m2.

3. Pemupukan

Pemupukan dilakukan seminggu setelah pengapuran, bermanfaat untuk menumbuhkan plangton hewani dan nabati yang menjadi pakan alami bagi benih lele. Jenis pupuk yang bisa digunakan adalah kotoran ayam 50 – 100 kg/100 m2 serta urea dan TSP , masing-masing 0,25 kg/100 m2. Perawatan kolam, pemupukan dilakukan seminggu sekali menggunakan kotoran ayam sebanyak 3 kg/100 m2 atau menggunakan kotoran sapi,  kotoran burung puyuh sebanyak 25 kg. Pemupukan sebaiknya dilakukan 5 – 7 hari sebelum ikan lele ditebar.

4. Pengisian air

Pemasukan air biasanya dilakukan secara perlahan-lahan hingga ketinggian air mencapai 20 cm. Setelah itu kolam didiamkan selama 2-3 hari agar pupuk mengalami penguraian. Setelah 3 hari ketinggian dinaikkan hingga mencapai 70 cm. Debit air yang masuk ke kolam biasanya sekitar 1 liter/detik.

SUMBER :

Anonim. 2002. Lele Ikan Berkumis Paling Popular. Agromedia Pustaka. Jakarta

Iklan

Responses

  1. Mantap jg..

  2. Pak, apakah pemupukan dengan menggunakan kotoran ayam sudah benar porsinya sebanyak 50 s/d 100kg per m2 sesuai dengan tulisan bapak? Menurut saya penggunaan pupuk dengan kotoran ayam cukup 250 s/d 500 gram/m2. Penggunaan pupuk yang berlebihan bukannya mengakibatkan dampak menurunnya kandungan oksigen terlarut pak?

    • mohon maaf. artikel tersebut terdapat slah penulisan. yang benarnya 50 – 100 kg / 100 m2. terima kasih atas masukannya

  3. UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
    a) Masukkan air setinggi 20 cm dengan cara dipancurkan
    b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
    c) Diamkan selama 3 hari
    d) Tambah volume air sesuai ukuran bibit
    e) Masukkan pupuk urea 10 g / m2 atau pupuk organik cair dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
    f) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna bening kehijauan dan bibit siap ditebar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: