Oleh: agriefishery | Maret 3, 2010

JENIS – JENIS WADAH BUDIDAYA IKAN

Dalam budi daya ikan air tawar dan laut, ada beberapa jenis wadah yang dapat digunakan antara lain kolam, bak, akuarium, jaring terapung / karamba jaring apung. Kolam dapat digunakan sebagai wadah untuk budi daya ikan air tawar sedangkan bak, akuarium, jaring terapung dapat digunakan untuk melakukan budi daya ikan air tawar dan laut.

Kolam dan bak berdasarkan definisinya dibedakan karena kolam dalam bahasa Inggrisnya pond adalah suatu wadah yang dapat menampung air dalam luasan yang terbatas, sengaja dibuat oleh manusia dengan cara melakukan penggalian tanah pada lahan tertentu dengan kedalaman rata- rata berkisar antara 1,5–2,0 m dan sumber air bermacam-macam.

Sedangkan bak atau tanki adalah suatu wadah budi daya ikan yang sengaja dibuat oleh manusia yang berada diatas permukaan tanah yang dapat menampung air dengan bahan baku yang digunakan untuk membuat bak tersebut disesuaikan dengan kebutuhan manusia.

Jenis-jenis kolam dapat dibedakan berdasarkan sistem budidaya yang akan diterapkan dan sumber air yang digunakan. Sedangkan jenis – jenis bak atau tanki ini biasanya dikelompokkan berdasarkan bahan baku pembuatannya yaitu yang terbuat dari beton disebut bak beton, yang terbuat dari kayu dilapisi dengan plastik disebut bak plastik, yang terbuat dari serat fiber disebut bak fiber.

Akuarium merupakan salah satu wadah yang digunakan untuk budi daya ikan yang terbuat dari kaca dan mempunyai ukuran tertentu. Jaring terapung merupakan suatu wadah budi daya ikan air tawar dan laut yang sengaja dibuat oleh manusia untuk membatasi air yang berada dalam suatu perairan umum (danau, laut, waduk, sungai) agar dapat digunakan untuk membudidayakan ikan.

SUMBER : Gusrina, 2008. Budidaya ikan jilid 1.


Responses

  1. Dasar!!!!penipuan!!!

    aku kena dua kaLi,,,acem iq,,, T_T


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: