Oleh: agriefishery | Februari 16, 2010

KADAR DERAJAT KEASAMAN (pH)TAMBAK BANDENG

KADAR DERAJAT KEASAMAN (pH)TAMBAK BANDENG

Derajat keasaman air tambak  dinyatakan dengan nilai negatif logaritma ion hidrogen  atau nilai yang dikenal dengan istilah pH.

  pH= -log [H+ ]

Kalau konsentrasi ion hidrogen (H+) tinggi,  pH akan rendah, reaksi lebih asam. Sebaliknya kalau konsentrasi ion hidrogen rendah pH akan tinggi dan reaksi lebih alkalis. pH air tambak sangat dipengaruhi pH tanahnya.  Sehingga pada tambak baru yang tanahnya asam maka pH airnyapun rendah.  Penurunan pH dapat terjadi selama proses produksi disebabkan terbentuknya asam kuat, adanya gas-gas dalam proses perombakan bahan organik, proses metabolisme perairan dan lain-lain.

Nilai pH yang baik untuk budidaya ikan berkisar antara 6,5 hingga 9.  di luar kisaran tersebut pertumbuhan  ikan kurang baik, bahkan pada pH 4 atau 11 kematian bandeng dapat terjadi.  pH air laut cenderung basa.  Karena itu pergantian air dapat digunakan untuk meningkatkan pH air tambak.

pH air dapat diukur menggunakan kertas lakmus, yakni membandingkan warna kertas yang telah ditetesi air tambak dengan warna standar pH atau cara yang lebih mudah, yakni menggunakan pHmeter


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: