Oleh: agriefishery | Januari 17, 2010

KOI HERPES VIRUS (KHV) PADA IKAN

CyHV3 (KHV) Impact

Koi Herpes virus (KHV) yang menyerang ikan mas dan koi pertama kali ditemukan di Israel tahun 1997 (Doyle, 2003), kemudian Amerika Serikat dan beberapa Negara Eropa diantaranya Inggris, Denmark , Belanda.  Di Asia, KHV menyerang ikan mas dan koi  pada tahun 2002 di Indonesia, awal tahun 2003 di Taiwan dan terakhir di Jepang akhir tahun 2003 (Haenen, 2003).

Di Indonesia,  Koi Herpes Virus menyerang ikan mas dan koi pertama kali di Blitar pada bulan Maret 2002 , terus menyebar ke Jawa barat pada bulan April 2002,   Jawa Tengah dan Bali .  Pada bulan Februari 2003, penyakit ini menyebar ke  Pulau Sumatera.  (Sunarto  et al, 2002).

Pada bulan  September  2004 penyakit ini mewabah di  Kalimantan.  Tahun 2005,    Koi Herpes  Virus menyerang ikan mas di  Danau toba.  Penyebaran Koi Herpes Virus  yang semakin meluas ini  akibat adanya pengiriman ikan  dari daerah yang terinfeksi  sebelumnya.  Akibat wabah ini ,  kegiatan budidaya ikan mas  mengalami penurunan hingga sekarang.

Menurut Hendrick  et al  (2000), penyakit KHV menyebabkan kematian yang besar dan bersifat sporadis pada ikan mas dan koi.  Suhu  optimal virus herpes yang menyebabkan kematian adalah 18-27oC.  Kematian  ikan akan menurun bahkan berhenti bila suhu air berada di atas atau dibawah kisaran optimal.  Serangan penyakit ini menunjukkan kematian yang sangat cepat, ikan akan terlihat sakit dan akhirnya mati dalam 24-48 jam.  Gejala klinis ikan yang terserang herpes antara lain adalah pendarahan pada insang, bercak pucat pada insang, mata cekung dan ikan gelisah (kadang tidak aktif  berubah menjadi sangat aktif atau sebaliknya) (OATA, 2001).

SUMBER :

Haenen O , 2003.  Global Occurance of KHV.  Modified Abstract of Lecture at The Institut fur  Zoologie, Fischereibiologie und Fischkrankheiten, University of Munich, Germany.  5 ps

Hendrick  RP, Gilad O,   Yun S, Spangenberg  JV,2000.   A Herpes Virus Associated  with Mass Mortality  of Juvenile and Adult Koi, a Strain of  Common Carp J.  Aquatic Animal Health 12 : 44-57

Ornamental Aquatic Trade association (OATA) , 2001.  KOi Herpes Virus (KHV).  United Kingdom.  33 hal

Sunarto, et al.  2002.  Field investigations on serious disease outbreak among koi and common carp (cyprinus carpio) in Indonesia.  Paper presented in 5th

Iklan

Responses

  1. PT Akasopa Transparti sebagai agen tunggal vaksinKV3 untuk penyakit Koi dan ikan mas dari KoVax,setelah melakukan uji coba atas kemampuan vaksin tersebut telah berhasil/Lulus Uji Lapang untuk menanggulangi penyakit Koi Herpes Virus (KHV)sesuai dengan Hasil Rapat Komisi Obat dan Surat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jendral Perikanan Budidaya Nomor : 429/DPB/PB 430.DA/1/2010 tertanggal 25 Januari 2010 adalah upaya PT Akasopa Trasparti dalam menaggulangi penyakit tersebut.

    • apakah vaksin tersebut sudah dipasarkan secara umum ? klo sudah dimana kami bisa memperoleh vaksin tersebut, terima kasih.

      • setahu saya vaksin dri pt akasopa transparti tersebut belum sempurna di uji.vaksin dri israel tersebut masih dalam tahap uji coba di indonesia.

      • Dear Maya Juliaty

        Untuk jekasnya dapat menghubungi kami karena ada prosudure untuk baaimana cara memaksin ikan mas atau koi dgn vaksin KV-3 tersebut dan dapat dilihat pada website kami http://www.vaksinikan.com atau pusat pembibitan kami

  2. Penyakit KHV adalah penyakit virus yang menyerang ikan mas (biasa n koi) yang dapat menyebabkan kematian massal dan kerugian milyaran rupiah hanya dalam beberapa hari. Akasopa Transparti sdh memfasilitasi penyediaan vaksin KV-3. Titik terang solusi sudah tersedia, tinggal pemerintahnya, apakah serius dalam membantu para petani ikan mas di Indonesia? Mudah-mudahan bukan cuma harapan! Pemerintah mana actionmu!!!

  3. gri tlng cariin artikel virus lg gri hahahaha^_^

  4. thanks artikelnya

    cara apa yang paling ampuh saat peternakan ikan kita dihadapkan pada masalah koi herpes virus ini?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: