Oleh: agriefishery | Januari 17, 2010

GIZI DAN MAKANAN YANG DI FORMULASIKAN UNTUK IKAN DAN UDANG

NUTRISI YANG ESENSIAL

A. Protein

Protein merupakan unsur pokok yang paling penting dari semua sel hidup dan merupakan kelompok kimia yang terbesar di tubuh hewan, kecuali air. Rata-rata tubuh ikan berisi 75% air, 16% protein, 6% lipid, dan 3 % abu. Protein adalah komponen penting dari inti sel dan protoplasma, dan sesuai dengan jaringan dari sel-sel otot, organ, otak, saraf dan kulit.

Komposisi
Protein terdiri dari organik komplek dengan molekul yang tinggi. Secara spesifik kandungan perotein adalah karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O), tetapi di samping itu juga berisi sekitar 16% nitrogen (N: kisaran 12-19%), dan kadang-kadang fosfor (P) dan belerang (S).

Klasifikasi

Protein dapat digolongkan ke dalam tiga kelompok utama menurut bentuk, komposisi kimia dan kelarutan:

  1. Protein serabut: merupakan protein hewan yg tidak tahan terhadap gangguan enzim pencernaan. Contoh : kollagen (terdapat di partikel jaringan), elastin (terdapat di arteries dan tendons), dan keratin (ada di rambut).

  2. Protein bulat: mencakup semua enzymes, antigens dan hormon protein. Protein bulat terdapat di albumin (larut dalam air, dan ada pada telur, susu, darah dan banyak tanaman); globulins (tidak dapat larut dalam air, dan ada di telur, susu, dan darah, dan melayani utama protein sebagai cadangan dalam bibit tanaman), dan histones (dasar protein berat molekul yang rendah, larut air, terjadi di dalam inti sel yang terkait dengan deoxyribonucleic acid – DNA).
  3. Protein Konjugasi: protein ini adalah hasil yang non-kelompok protein serta asam amino pada hidrolisis. Contoh phosphoproteins (kasein susu, telur dan kuning telur phosvitin), glycoproteins (sekresi mucus), lipoprotein (membran sel), chromoproteins (hemoglobin, haemocyanin, cytochrome, flavoprotein), dan nucleoprotein (kombinasi protein dengan asam nucleic hadir di inti sel).

Fungsi protein

Fungsi protein di antaranya adalah sebagai berikut:
1.Dipakai untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan untuk membangun jaringan baru (untuk pertumbuhan)

2.Sebagai sumber energi, atau dapat digunakan sebagai substrat untuk pembentukan jaringan karbohidrat atau lipids.

3.Untuk pembentukan hormon, enzymes dan zat penting lainnya seperti antibodies dan hemoglobin.

Kebutuhan protein
Protein yang disyaratan untuk ikan dan udang sudah hampir seluruhnya didasarkan pada studi yang dilakukan untuk dibandingkan dengan wilayah peternakan hewan.

Tingginya kebutuhan protein diet ikan dan udang yang umumnya dikaitkan dengan kebiasaan makan daging / kebiasaan makan yg makan segala macam makanan, dan mereka menggunakan preferensial protein melalui diet karbohidrat sebagai sumber energi (Cowey, 1975).

Asam Amino

Asam amino disifatkan dengan memiliki asam carboxy grup (-COOH) dan dasar kelompok nitrogen (biasanya satu grup amino:-NH2)

Fungsi asam amino

  1. Asam amino yang penting untuk metabolisme karbohidrat dan lipid

  2. untuk sintesis protein dari jaringan dan banyak bagian-bagian penting (mis. adrenalin, thyroxine, melanin, histamine, porphyrins – hemoglobin, pyrimidines dan purines – nucleic acid, choline, folic acid dan nicotinic acid — vitamin, taurine – garam empedu dll), dan

  3. sebagai sumber energi metabolis atau bahan bakar.

Persyaratan asam amino
Untuk keperluan gizi, asam amino dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu

  1. Asam amino esensial (EAA), adalah mereka yang tidak dapat synthesis di dalam tubuh hewan atau pada tingkat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan fisiologis hewan yang berkembang, dan karena itu harus diberikan dalam bentuk siap dibuat dalam diet.


Asam amino esensial adalah sebagai berikut:

Threonine Valine
Leucine Isoleucine
Methionine Tryptophan
Lysine Histidine
Arginine Phenylalanine

  1. non-asam amino esensial (NEAA), yaitu asam amino yang dapat synthesis dalam tubuh dari sumber karbon yang sesuai dan kelompok amino dari asam amino atau compounds sederhana seperti garam sitrat diammonium, dan akibatnya tidak perlu diberikan dalam bentuk pakan.

B. Lipid

Lipid adalah suatu kelompok unsur tak sejenis yang ditemukan di dalam jaringan tumbuhan dan binatang, yang tidak larut dalam air, dan bahan pelarut organik dapat larut, seperti eter, choloroform dan benzen.

Penggolongan

Lipids digolongkan ke dalam dua kelompok besar berdasarkan ada atau tidaknya gliserol.

Fungsi umum

  1. Lipid merupakan sumber energi berkenaan dengan metabolisme ( ATP)

  2. Sumber bahan bakar aerobic yang utama untuk metabolisme energi otot ikan

  3. Lipid sebagai pengangkut biologi untuk penyerapan vitamins A, D, E dan K.

  1. KARBOHIDRAT

Pengertian

Karbohidrat pada umumnya digambarkan sebagai unsur yang berisi karbon, hidrogen dan oksigen, dengan yang ter]akhir dua unsur-unsur menjadi hadir di perbandingan yang sama seperti di air ( dengan kata lain Cx(H2O)Y).

Penggolongan

Karbohidrat dapat dibagi menjadi dua kelompok utama menurut struktur bahan kimia mereka; gula (seperti monosakarida dan disakarida) dan tidak gula

Fungsi umum

menghadirkan suatu sumber energi berkenaan dg aturan makan untuk noncarnivorous ikan dan jenis udang

D. VITAMIN

Pengertian

Vitamin adalah suatu kelompok campuran organik heterogen yang penting bagi pertumbuhan dan pemeliharaan kehidupan hewan

Penggolongan

Vitamin yang larut dalam air

Thiamine ( Vitamin B1)

Riboflavin ( Vitamin B2)

Pyridoxine ( Vitamin B6)

Phylloquinone ( Vitamin K)

Vitamin yang larut dalam lemak

Retinol ( Vitamin A)

Cholecalciferol ( Vitamin D3)

Tocopherol ( Vitamin E)

Cuka Pantothenic

Cuka Nicotinic ( Niacin)

Biotin

Cuka Folic

Cyanocobalamin ( Vitamin B12)

Inositol

Choline

Cuka Ascorbic ( Vitamin C)

Fungsi umum

Ukuran Dan Laju pertumbuhan ikan atau jenis udang berbudaya ( dengan kata lain. sehari-hari vitamin kebutuhan saban unit berat/beban badan yang menurun dengan meningkat(kan) ukuran binatang dan mengurangi laju pertumbuhan).

untuk tocopherol, thiamine dan pyridoxine telah ditunjukkan untuk meningkat/kan dengan terus meningkat konsentrasi [yang] berkenaan dg aturan makan [dari;ttg] zat asam yang mengandung gemuk polyunsaturated, karbohidrat dan protein, [yang] berturut-turut.

E. MINERAL

Macroelements Trace or microelements
Principal cations Principal anions
Calcium (Ca) Phosphorus (P) Iron (Fe) Fluorine (F)
Magnesium (Mg) Chlorine (Cl) Zinc (Zn) Vanadium (V)
Sodium (Na) Sulphur (S) Manganese (Mn) Chromium (Cr)
Potassium (K) Copper (Cu) Molybdenum (Mo)
Iodine (I) Selenium (Se)
Cobalt (Co) Tin (Sn)
Nickel (Ni) Silicon (Si)

Fungsi umum

  • Mineral adalah [yang] penting constitutents [sebagai/ketika/sebab] struktur seperti tulang dan gigi.
  • Mineral main suatu peran kunci di (dalam) pemeliharaan tekanan osmotis, dan [dengan] begitu mengatur pertukaran air dan solutes di dalam badan binatang.

  • Mineral bertindak sebagai unsur [yang] struktural [dari;ttg] jaringan/tisu lembut.

  • Mineral adalah penting bagi transmisi dorongan/gerakan hati syaraf dan singkatan otot.

  • Mineral main suatu peran hal penting di [dalam] acid-base keseimbangan badan, dan [dengan] begitu mengatur pH darah dan lain cairan badan.

  • Mineral bertindak sebagai komponen penting dari banyak enzim, vitamins, hormon, dan pigmen berhubung pernapasan, atau sebagai cofactors di (dalam) metabolisme, katalisator dan penggerak enzim.

F. ENERGI

Pengertian

Energi digambarkan sebagai kapasitas [itu] untuk bekerja, dan diperoleh oleh binatang melalui/sampai catabolism [dari;ttg] karbohidrat berkenaan dg aturan makan, lipid dan protein di dalam badan [itu]. Walaupun banyak bentuk energi ada secara alami ( dengan kata lain.


Responses

  1. menggaris bawahi statement ” Protein yang disyaratan untuk ikan dan udang sudah hampir seluruhnya didasarkan pada studi yang dilakukan untuk dibandingkan dengan wilayah peternakan hewan.”, pernyataan ini mungkin tepat bila dinyatakan pada era th 80 an dahulu..
    tetapi dengan pengembangan tehnonologi Perinan akhir2 ini terutama tehnologi pakan Udang, maka pernyataan di atas kiranya sudah tidak relevan lagi..

  2. trimakasih..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: