Oleh: agriefishery | Desember 17, 2009

BIOLOGI Azolla sp.

Menurut Arifin (1996), Azolla merupakan tumbuhan air yang tumbuh dengan baik di daerah tropis maupun subtropis. Azolla dapat tumbuh di kolam, saluran air, maupun di area pertanaman padi. Tumbuhan ini mempunyai kandungan unsur hara, terutama nitrogen, sangat tinggi. Oleh karena itu, pemanfaatan Azolla sebagai pupuk organik akan menghemat penggunaan pupuk anorganik, disamping menjaga keseimbangan hara dalam tanah. Selain digunakan sebagai pupuk organik, azolla dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, unggas dan ikan karena mengandung protein dan mineral cukup tinggi. Tumbuhan azolla dalam taksonomi tumbuhan mempunyai klasifikasi sebagai berikut :

Divisi : Pteridophyta

Kelas : Leptosporangiopsida (heterosporous)

Ordo : Salviniales

Famili : Salviniaceae

Genus : Azolla

Spesies: Azolla sp.

Azolla merupakan tanaman air yang mempunyai multiguna dan termasuk dalam jenis tumbuhan paku air yang mengapung dan banyak terdapat di perairan yang tergenang terutama di sawah-sawah, kolam, ataupun dipermukaan daun yang lunak, mudah berkembang biak dengan cepat dan biasanya hidup bersimbiosis dengan (Anabaena azollae) yang dapat memfiksasi N dari udara. Azolla berukuran 2-4cm x 1cm, dengan cabang, akar rhizoma, dan daun terapung. Kandungan unsur hara dalam azolla antara lain adalah 1.96-5.30 (%)N, 0.16-1.59 (%) P dan 0.31-5.97 (%) K. Kandungan mikronya berupa 0.22-0.73 (%)Ca, 0.16-3.35 (%) Mg, 0.16-1.31 (%) S, 0.62-0.90 (%) Si, 0.04-0.59 (%)Na dan 0.04-0.59 (%)Cl (Anonim, 2004).

Azolla dapat digunakan sebagai pupuk organik dan membantu dalam memperbaiki keadaan fisik, kimia, dan biologi tanah. Keadaan fisik tanah yang diperbaiki azolla antara lain stabilitas agregat, struktur, dan porositas tanah karena kerapatan massa tanah menjadi berkurang. Ditinjau dari segi kimia, azolla dapat memperkaya unsur hara makro dan mikro dalam tanah. Sedangkan dari segi biologi tanah, azolla dapat meningkatkan aktifitas mikrobia tanah dan menghambat pertumbuhan gulma. Azolla dapat dijadikan filter (penyaring) air dari pencemaran logam berat. Selain itu, azolla mampu menekan pengembangbiakan nyamuk, terutama di air tenang dan tergenang. Kegunaan lain azolla adalah azolla dapat digunakan sebagai makanan ternak, unggas, dan ikan karena kandungan dan mineralnya tinggi (Arifin, 1996).

Iklan

Responses

  1. cara alternative nich sebagai pengganti pupuk kimia yang sekarang lebih sering digunakan..
    oh iya bagaimana cara memasang blog stats atau pengunjung di sidebar. mohon bantuannya

    • kalau itu silahkan masuk ke widget lalu pilih statistik blog…..

  2. mas saya mahasiswa Faperta salah satu PTN di banten. kebetulan saya melakukan penelitian tentang azolla. kira2 dimana saya bisa memesannya di tempat terdekat? dan kira2 berapa harganya? mhn penjelasannya…

    • ikot nimbrung y mas…

      saya juga mahasiswa FAPERTAN dr Aceh. saya juga penelitian tntang Azolla. klw mo bsa hub saya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: