Oleh: agriefishery | Oktober 6, 2009

BUDIDAYA UDANG WINDU (Penaeus monodon Fabricius) INTENSIF

Penaeus_monodon

Intensifikasi diartikan sebagai peningkatan hasil dengan menambah input produksi tanpa adanya perluasan lahan. Dengan perkataan lain intensifikasi adalah peningkatan hasil produksi dengan memaksimalkan daya dukung lahan yang ada. Terdapat sebuah relevansi yang erat antara produksi dengan daya dukung lingkungan (carrying capacity). Daya dukung lingkungan (atau hasil produksi), dapat diperbesar sampai pada tahap tertentu, bukannya tanpa batas. Dan perlu diketahui bahwa daya dukung lahan adalah suatu yang dinamis, akan

berubah setiap saat. Karenanya budidaya udang windu intensif adalah proses produksi biomass yang hasilnya dapat ditargetkan pada besaran tertentu, sejauh persyaratan pokok dan pendukung kehidupan serta pertumbuhan dapat dipenuhi untuk persyaratan hidup yang normal. Usaha budidaya udang windu intensif pernah menunjukkan hasil yang memuaskan, hingga Indonesia menjadi salah satu produsen udang papan atas di dunia yang pada tahun 1994 mampu mencapai angka produksi 160.000 ton/tahun.

Peralatan monitoring kualitas air, penting untuk dimiliiki dalam usaha budidaya udang secara intensif. Peralatan ini harus ada agar kualitas air di tambak dapat dimonitor setiap saat dan dipertahankan pada kisaran optimum untuk pertumbuhan dan perkembangan udang. Peralatan tersebut antara lain termometer (pengukur suhu), refraktometer atau salinometer (pengukur salinitas), DO meter (pengukur oksigen terlarut), pH meter, dan secchi disk (pengukur kecerahan air), dan alat test kit, seperti untuk analisa alkalinitas, Nitrit dan Nitrat.

Kisaran kualitas air pasok yang ideal untuk budidaya udang

Parameter                                 Kisaran

Salinitas                                    10 – 35 ppt

Ph                                            7,5 – 8,5

Alkalinitas                                 90 – 150 ppm CaCO3

Nitrit                                        < 0,1 ppm

Nitrat                                       < 1,0 ppm

Amonia                                    < 0,1 ppm

Suspensi terlarut (TSS) < 80 ppm

Selain persyaratan kimiawi dan fisik tersebut, air yang akan digunakan untuk budidaya udang harus bersih dari bahan polutan, (seperti dari jenis logam, pestisida dan bahan kimia beracun lainnya), serta air sumber tidak keruh.

Iklan

Responses

  1. saya jual CD cara budidaya udang yg benar, hanya dgn harga 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: