Oleh: agriefishery | September 18, 2009

RAJUNGAN DAN KEPITING SAMA GAK SIH ?

Pada awalnya saya hanya tahu bahwa yang biasa kita makan itu adalah kepiting dan kata rajungan masih asing di telinga saya. hal itupun sama saja di saat saya ke tempat pelelangan ikan bahwa dari para penjual sendiri sering salah kaprah mengenai kepiting atau rajungan. saat kuliah akhirnya saya mengetahui perbadaan tersebut.

Ternyata memang ada perbedaan yang menyebabkan keduanya diberi nama beda. Secara fisik memang hampir sama, tapi rajungan nampaknya punya capit yang lebih panjang.

Bila kepiting hidup di perairan payau, seperti di hutan bakau atau di pematang tambak, rajungan hidup di dalam laut. Rajungan memang tergolong hewan yang bermukim di dasar laut, tapi malam hari suka naik ke permukaan untuk cari makan. Makanya rajungan disebut juga “swimming crab” alias kepiting yang bisa berenang.

Dari segi kesehatan, keunggulan rajungan adalah kandungan proteinnya cukup tinggi, sementara kandungan lemak dan kolesterolnya rendah. Proteinnya sekitar 16-17gr per 100gr daging rajungan itu. Jadi cukup besar untuk menjadi sumber protein yang sangat potensial.

Bagi konsumen yang membatasi makanan berlemak dan kolesterol tinggi, rajungan adalah sahabat baik Anda. Menikmati hidangan laut ini tidak akan menyebabkan Anda terkena penyakit jantung atau tekanan darah tinggi.

Kandungan lemak dan kolesterol di dalam rajungan sangat rendah. Ini kabar baik, karena lemak jenuh dan kolesterol dapat memperbesar resiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti jantung koroner dan darah tinggi.

inilah gambar rajungan

crabblueswimmer_portunuspelagicus

dan inilah kepiting…

MudCrabScylla_serrata

terlihat BEDANYA kahn…………

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: