Oleh: agriefishery | September 17, 2009

ARAPAIMA GIGAS (PIRARUCU)

Image Hosted by ImageShack.us

 

Arapaima gigas atau dikenal ikan arapaima masih merupakan rumpun arowana. Ikan ini termasuk ikan air tawar terbesar di dunia, dapat tumbuh sampai 2,5 – 3 meter. Arapaima gigas hanya ditemukan di sungai Amazon dan termasuk satwa yang sangat dilindungi. namun saat ini sudah bisa kita lihat di indonesia. ikan arapaima ini merupakan jenis ikan zaman purbakala karena itu kita dituntun untuk melestarikannya supaya anak cucu kita masih bisa melihat ikan air tawar terbesar di dunia ini nanti.

ikan ini dilindungi dikarenakan jumlah spesiesnya yang makin hari makin sedikit karena ikan ini biasanya dijadikan ikan konsumsi oleh masyarakat setempat karena rasa dagingnya yang enak. selain itu lidah ikan ini juga biasa dimanfaatkan sebagai obat cacingan.

Dengan ukuran tubuhnya yang besar dan tenaga yang luar biasa, Arapaima dapat merobohkan seekor anak kerbau yang sedang minum di pinggir sungai dan memakannya.

Ikan ini adalah jenis ikan yang bernapas dengan mengambil oksigen secara langsung, oleh sebab itu ikan ini sering kali kepermukaan air untuk mengambil udara. Mereka termasuk dalam ikan yang bernapas dengan mengambil udara langsug dari atmosfer (obligate air breather). Oleh karena itu, ikan ini harus muncul ke permukaan setiap 5 – 20 menit sekali, tergantung pada ukurannya. Ikan muda, biasanya muncul dipermukaan setiap 5 menit sekali, sedangkan ikan dewasa muncul setiap 18 – 20 menit sekali. 


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: