Oleh: agriefishery | September 2, 2009

GRASS CARP IKAN UNGGUL PENGENDALI GULMA

Image Hosted by ImageShack.us

Selain dipanggil dengan nama grass carp, ikan yang bernegeri leluhur Tiongkok ini sering pula dipanggil dengan nama carper rumput atau koan. Ikan yang hobi menyantap rerumputan ini sebenarnya sudah terbilang lama menjadi warga Indonesia (he he). Di tahun 1915 dulu, ikan yang memiliki nama ilmiah Ctenopharyngodon idellus ini dilaporkan pernah didatangkan ke aceh. Kemudian, ikan ini berturut turut didatangkan dari muangthai dan jepang masing-masing pada 1949 dan 1964.

Grass carp merupakan salah satu jenis ikan unggul yang dapat digunakan sebagai pengendali gulma. Hal ini dikarenakan sifatnya yang herbivore atau pemakan rerumputan / tumbuhan. Karena masih sedikitnya masyarakat yang mengetahui tentang keberadaan ikan ini sebagai salah satu jenis ikan unggul. Maka sebagian besar ikan ini justru hanya berada di b alai benih milik pemerintah saja dan juga ditebar ke perairan umum untuk mengendalikan gulma.

Contoh nyata yang dapat dilihat bahwa ikan ini memang mampu untuk mengendalikan gulma yaitu terbukti di perairan danau buyan, tablingan, beratan dan batur. Berkat grass carp, perairan danau di Bali akhirnya nampak bersih dari gulma air.

Ada terdapat beberapa factor yang menjadi penyebab ikan ini kurang diminati oleh masyarakat yaitu kurangnya promosi yang dilakukan tentang ikan ini dan sulitnya untuk melakukan pemijahan ikan ini. Karena sulit maka sebagian besar benih hanya diperoleh dari balai benih ikan saja. Sulitnya pemijahan ini dikarenakan masih sedikitnya masyarakat yang faham tentang cara pemijahan ikan secara buatan dan ikan ini biasanya dipijahkan secara buatan dengan disuntik ekstrak kelenjar hipofisa.

Iklan

Responses

  1. wah kalau melihat dari tubuhnya ,ikan ini bisa besar dan kelihatannya mudah untuk budidayanya.
    dan kalau teman-teman ada informasi tempat beli bebet. mohon informasi saya. berapa harganya satu ikor. saya ada kolam di daerah muara enim sumsel

    • bibit cukup mudah didapatkan. silahkan hubungi pedagang benih ikan konsumsi terdekat. pasti dapet referensi tempat

  2. bth informasi bibitnya, bs kirim ke jatim?

  3. Mohon informasi, Dimana bisa membeli benih ikan grass carp? Saya tertarik untuk membudidayakan. Hubungi: Jahja (081 23527173), email: jahjasetiawan@gmail.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: