Oleh: agriefishery | Juli 22, 2009

STRATEGI PENINGKATAN PERMINTAAN PRODUK HASIL PERIKANAN

32886

Produk hasil perikanan sangat banyak, mulai dari produk olahannya sendiri, produk perikanan tangkap, produk perikanan budidaya dan lain sebagainya. Dalam hal ini saya akan berusaha mempersempit hal tersebut hanya pada beberapa komoditas saja yang akan saya bahas disini.

Banyak strategi yang dapat kita lakukan untuk melakukan peningkatan permintaan akan suatu produk hasil perikanan. Kesuksesan dari strategi yang akan kita ambil ini sangat tergantung dari para konsumen. Mengapa demikian?, karena konsumenlah yang akan membeli atau mengonsumsi produk hasil perikanan nantinya.

KOMODITAS EKSPOR TUNA / CAKALANG

Berdasarkan informasi yang saya dapat di internet, dalam melakukan peningkatan permintaan produk hasil perikanan komoditas ikan tuna / cakalang ini suatu PT XY melakukan strategi pertumbuhan yang agresif dan intensif karena banyaknya competitor yang juga bergerak di bidang usaha ini. Alternatif strategi pertumbuhan yang dapat diterapkan perusahaan dan sesuai dengan kondisi eksternal dan internalnya adalah market penetration, product development dan market development. Agar efektif strategi korporat tersebut maka harus dilakukan secara terintegrasi dengan menggunakan STP dan alat Bauran Pemasaran 4 P (marketing mix) yaitu Product, Pricing, Place dan Promotion.

Berdasarkan strategi yang diperoleh dari hasil alternatif-alternatif diatas maka dapat dijelaskan dalam metode analisis Bauran Pemasaran (marketing mix) sebagai berikut :

a)    Strategi Harga

dalam penetapan harga yang berlaku selama ini, yaitu persentase keuntungan harus dibarengi dengan peningkatan efesiensi dan efektifitas biaya produksi. Dalam hal ini harga jual produk didasarkan atas penentuan harga pokok produksi (HPP) dan hasil negosiasi bersama importir sebagai pemasar dengan kontribusi margin yang ditetapkan serta mengacu pada fluktuasi harga ikan di Jepang. Dengan demikian, maka akan dapat melihat efektifitas harga sebagai salah satu faktor yang mendukung daya saing. Pengembangan ataupun adopsi teknologi baru dimaksudkan untuk mengurangi biaya produksi. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan skala usaha, tentukanya keunggulan biaya rendah harus disertai keunggulan kualitas serta tingkat pelayanan.

b)    Strategi Produk

kualitas produk yang baik selama ini harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan guna menghadapi persaingan diantara para eksportir, dengan cara ; memperbaiki dan menambah fasilitas baik armada operasional dan penanganan di darat, memberi insentif kepada petugas yang terlibat dalam penanganan produksi tataki mulai dari kapal sampai dengan processing produk, dan bekerjasama dengan instansi-instansi terkait yang menangani langsung kualitas/mutu cakalang sampai produk final. Produk perlu dikembangkan sesuai standar kebutuhan di negara tujuan, caranya dengan mengembangkan riset terhadap perubahan prilaku konsumen akan produk dan riset pengembangan produk yang mempunyai nilai tambah dan daya saing tinggi.

c)     Strategi Promosi

aktivitas promosi perlu dikembangkan dengan mengikuti pameran-pameran dagang bertaraf internasional ataupun di negara tujuan, karena hal ini cukup strategis untuk membina kepercayaan dengan pembeli. Usaha untuk meningkatkan jalinan kerja sama dapat berupa kontak dagang baik secara langsung yaitu kunjungan maupun korespondensi. Teknologi informasi seperti internet dengan membangun website PT.XY (Persero) sangat menunjang keberhasilan pencapaian target ekspor, sebab internet merupakan media yang paling tepat, cepat, serta memudahkan konsumen di luar negeri untuk lebih mengetahui tentang produk yang dihasilkan dan perusahaannya.

d)    Strategi Distribusi

melakukan kontak dagang secara langsung maupun tidak langsung kepada importir di negara tujuan dalam hal penawaran produk terhadap para importir potensial. Perluasan distribusi ini, diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya stagnasi pasar di Jepang, yang dapat berimplikasi sangat buruk terhadap PT.XY (Persero) karena sampai saat ini produk tataki hanya memasuki pasar Jepang. Selain itu perluasan pasar ini, akan meningkatkan volume penjualan perusahaan dalam jangka panjang ataupun untuk menjamin kontinuitas produksi. Akses saluran distribusi berorientasi pada konsumen akhir, misalnya melakukan kontrak ataupun mitra dagang dengan riteiler, seperti supermarket, food store, dengan label lengkap dalambahasa Jepang, serta perlu adanya market intelligence untuk mengintrol pemasaran produk di negara tujuan.

Referensi : Http://elibrary.mb.ipb.ac.id/gdl.php?mod=browse&node=7. Diakses pada tanggal 13 Juni 2009.

KOMODITAS IKAN HIAS

Berdasarkan informasi – informasi yang saya dapat dari buku tentang ikan hias, banyak strategi yang dapat kita lakukan untuk melakukan peningkatan permintaan produk ikan hias ini seperti melakukan efisiensi harga jual sehingga walaupun keuntungan yang kita dapat hanya sedikit namun hal ini tentu sangat menarik minat para konsumen untuk membeli ikan hias. Pada intinya adalah membuat hubungan yang baik terlebih dahulu kepada konsumen yang kita harapkan nantinya akan mejadi pelanggan ikan hias di tempat kita barulah setelah beberapa lama kita menaikkan harga jual ikan hias kita namun harus tetap dalam batas kewajaran.

Hal lain yang dapat kita lakukan yaitu dengan membuat trend ikan hias baru. Masyarakat pada umumnya cenderung ingin mengikuti tren yang sedang ada pada saat itu. Hal ini dapat kita lihat saat pamor ikan Lou Han yang dulunya menjadi trend, banyak orang yang memburu ikan hias ini yang membuat permintaan ikan Lou Han menjadi tinggi. Hal ini juga terjadi di bidang tanaman hias seperti tanaman hias Anthurium, kantung semar dan lain –lain. Oleh karena itu kita perlu membuat trend – trend ikan hias baru seperti membuat suatu strain / jenis ikan hias baru yang unggul dan lain-lain yang kita harapkan nantinya dapat menjadi trend di masyarakat. Strategi dengan membuat trend baru ini sangat tergantung dari tingkat promosi kita , karena itu aspek promosi merupakan hal yang amat penting dalam kesuksesan strategi ini. Strategi ini juga biasanya dapat dilakukan dengan membuat isu – isu tentang ikan hias yang ingin kita jadikan ttend nantinya seperti mutu ikan hiasnya, harganya dan lain – lain.

Strategi lain yang juga dapat kita lakukan yaitu dengan mengadakan pameran ikan hias. Tujuan pameran ikan hias ini adalah untuk meningkatkan animo  masyarakat tentang ikan hias yang memiliki banyak keunikan sehingga diharapkan setelah melihat pameran ini minat masyarakat tentang memelihara ikan hias akan meningkat yang berdampak pada peningkatan permintaan komoditas ikan hias ini.

KOMODITAS IKAN KONSUMSI

Komoditas ikan konsumsi ini mencakup ikan hasil tangkapan dan ikan hasil budidaya. Dalam peningkatan permintaan produk ikan konsumsi ini sendiri kita dapat mencontoh strategi yang telah dilakukan oleh pemerintah yaitu GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Kegiatan ini banyak memotivasi dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya makan ikan karena kandungan gizi yang dikandung oleh ikan sangat tinggi.

Keuntungan makan ikan yaitu :

  1. Terhindar dari serangan penyakit penyakit degeranatif seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke dan kanker, akibat kandungan gizinya yang sangat berguna bagi manusia.
  2. Kandungan protein pada ikan sangat baik karena ditunjang dengan dengan asam amino dan kadar lisin yang tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan ketahanan tubuh.
  3. Ikan laut kaya akan lemak, vitamin dan mineral, sedangkan ikan tawar banyak mengandung karbohidrat. Ikan laut memiliki kandungan yodium tinggi yang bisa mencapai 830 mikro gram per kilogram.
  4. ikan laut mengandung omega-3 yang bermanfaat menurunkan kadar kolestrol dalam darah.
  5. Asam lemak omega-3 dan omega-6 pada ikan dapat meningkatkan kecerdasan anak. Asam lemak ini juga sangat membantu bagi ibu hamil yang dapat membentuk otot janin. Makanya, disarankan ibu hamil banyak mengkonsumsi ikan.
  6. Minyak hati ikan laut juga menjadi sumber vitamin A dan D.

Strategi lain yang dapat kita lakukan yaitu dengan cara mengadakan pameran produk hasil olahan ikan seperti fish nugget, sate ikan, sashimi, surimi, bandeng krispy, bakso ikan siomay ikan dan lain sebagainya yang diharapkan dengan adanya pameran ini dapat meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat yang berdampak pada kenaikan permintaan produk hasil perikanan khususnya komoditas ikan konsumsi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: