Oleh: agriefishery | Juli 17, 2012

BIOLOGI IKAN KOMET

2.2.1. Kebiasaan Hidup di Alam
Ikan komet di alam biasanya memijah setelah musim hujan karena pada saat musim hujan  banyak daratan yang terendam air yang telah kering pada beberapa bulan. Hal ini merangsang ikan untuk memijah pada tempat yang tergenang tersebut hal ini disebabkan karena daerah yang terendam tersebut mengeluarkan bau ampo atau bau khas dari dalam tanah sehingga merangsang induk ikan memijah ditempat itu (Anonim, 2011).
2.2.2. Siklus Hidup
       Siklus hidup ikan mas dimulai dari perkembangan di alam gonad (ovarium pada ikan betina yang menghasilkan telur dan testis pada ikan jantan yang menghasilkan sperma), kemudian telur akan dibuahi oleh sperma dan menetas dalam waktu 2-3 hari. Setelah itu menjadi larva dan menjadi dewasa . Sebenarnya pemijahan ikan komet dapat terjadi sepanjang tahun dan tidak tergantung pada musim namun di habitat aslinya ikan komet memijah pada awal musim hujan karena adanya rangsangan dari aroma tanah kering yang tergenang air (Anonim, 2011).
2.2.3. Reproduksi
Ikan komet berkembang biak dengan bertelur dimana masa kawinnya pada daerah tropis pada saat awal musim hujan. Pada saat musim hujan banyaknya daratan yang terendam air sehingga ikan komet lebih dapat terangsang karena bau khas dari dalam tanah kering yang terkena air akan keluar saat itu. Ikan komet betina biasanya bertelur didekat tumbuhan di dalam air dangkal yang tertembus sinar matahari, telur–telur tersebut kemudian menempel pada akar tanaman air yang lembut (Anonim, 2011).
SUMBER :
ARTIKEL LAINNYA:

 

 

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: