Oleh: agriefishery | Juni 30, 2012

MODEL DAN JENIS SISTEM FILTRASI KOLAM IKAN

Berbagai Model & jenis Sistim Filtrasi Dalam pemeliharaan koi dalam kolam, pengunaan sistem filtrasi merupakan suatu keharusan apabila kolam koi tersebut tidak menggunakan sumber air terbuka.
Memelihara kolam koi di kolam dengan sistim air tertutup, filter digunakan sebagai alat untuk menjaga agar kondisi air tetap layakdan sehat sebagai media hidup koi, berbeda dengan kolam dengan sumber air terbuka yang airnya selalu berganti secara terus menerus dengan air baru sehingga kondisi air selalu berganti secara terus menerus.

Dalam mendisign suatu sistim filtrasi kolam sangat tergantung kondisi, luas lahan yang akan dimanfaatkan serta sesuai dengan model design kolam yang ada, baru kita dapat menentukan model filtrasi yang akan digunakan. Sistim dan model filtrasi yang baik dapat mengakomodasi semua kepentingan yang terkait, model kolam yang indah dapat mengakomodasi kepentingan kita sebagai pemelihara dan penikmat keindahan koi, namun dapat tetap menjaga semua aspek parameter air kolam tetap terjaga dengan baik sehingga koi dan hidup dan tumbuh dengan baik.
Kedua hal tersebut harus dapat seimbang, model filtrasi yang menggangu estetika membuat kita tidak nyaman dalam menikmati koi yang kita pelihara, demikian halnya apabila kita hanya mementingkan keindahan dengan mengorbankan sistim filtrasi akan membuat koi tidak dapat hidup dengan baik sehingga koi tidak dapat hidup dengan baik bahkan menyebabkan kematian.

Ada beberapa model filtasi yang sering digunakan dan cukup popular :

1.model multi chamber sejajar kolam
model ini mengunakan beberapa sekat filter yang di letakkan sejajar kolam, dengan  menggunakan berbagai media filter sebagai alat penyaringannya.

2. Model multi chamber di atas kolam bisa vertikal, horisontal, maupun diagonal
model ini sama dengan model no.1 , hanya saja posisi filter diletakkan  lebih tinggi dari kolam dengan berbagai bentuk, gaya dan posisi dengan masing – masing kelebihan dan kekurangannya.

3. Model Under Gravel
model ini filter diletakan pada bagian bawah tanah, model ini sering digunakan pada kolam  yang memiliki lahan terbatas.

4. Model Bakki Shower
model ini banyak juga digunakan bagi yang senang dengan suara gemericik air, yg dapat juga sebagai media untuk menambah kadar terlarut oksigen dalam air, namun sistim filter ini lebih  menekankan pada fungsi sebagai sistim filtrasi biologi, dengan fungsi sistim fisika yg kurang baik, oleh karenanya biasanya sistem ini digabungkan dengan model filter yang lain.

5. Dan lain – lain

Biasanya dalam pembuatan kolam model fiter ini sering kali dipakai bersamaan guna memaksimalkan model kolam dengan manfaat kelebihan masing – masing model.

Dalam pembuatan filter disamping model filter yang perlu kita perhatikan adalah sistem filtrasi yang kita gunakan, ada berbagai sistem :
1. sistem filter fisika
adalah suatu sistem filtrasi yang berfungsi untuk menyaring kotoran – kotoran fisik atau untuk lebih mudah kita memahami, berfungsi untuk menyaring kotoran yang kasat mata ( terlihat oleh mata ).

2. sistem filter kimia.
adalah suatu sistem filtrasi yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang bersifat kimiawi dengan proses kimiawi pula.

3. sistem filter biologi.
sistem filter biologi adalah suatu sistem filtrasi dengan menggunakan proses biologi dengan  bantuan habitat mahluk hidup yang bersifat pengurai sehingga berfungsi sebagai pengurai    mata rantai siklus kehidupan air dalam kolam.

Diantara semua sistem yang ada diatas semua saling menunjang dan berkaitan antara satu dan lainnya, dan kita perlu mempertimbangkan di sisi mana yang akan diperkuat tergantung banyak faktor, antara lain sumber air yang digunakan maupun lokasi serta ” gaya koi keeping ” pemilik kolam.

Dan yang sering kali diabaikan oleh para hobbies koi dalam pembuatan sistem dan model filtrasi adalah sistem biologi dan kimia yang memang cara dan manfaat kerja nya tidak kasat mata. seringkali dan bahkan banyak yang beranggapan kalau air bening koi pasti hidup, dan yang harus kita rubah dalam pemeliharaan koi bahwa tidak semua air bening itu sehat, jadi dalam memelihara koi kita tidak menemui kegagalan menjaga koi kita dapat hidup dengan baik.

By 3as – www.terdesign.com

SUMBER : http://terminalkoi.com/content/view/36/40/

ARTIKEL LAINNYA:

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: