Oleh: agriefishery | Juni 22, 2012

CARA MEMBUAT AKUARIUM SENDIRI

Tips dan metode Mudah Membuat Aquarium Kaca

Tips dan metode Mudah Membuat Aquarium Kaca

Dalam membuat aquarium kaca sangat bergantung pada desain yang akan buat. Bentuk aquarium yang biasa kita lihat biasanya dalam bentuk aquarium segiempat, aquarium trapesium, akuarium segi-delapan, akuarium segi-enam, aquarium botol dan aquarium ellips.

Setelah merencanakan bentuk aquarium kaca yang akan dibuat, langkah selanjutnya menentukan ukuran kaca yang akan diperpakai untuk membuat aquarium. Ukuran kaca yang akan dipakai biasanya berkisar antara 3 mm – 16 mm. Sebagai acuan dalam membuat aquarium, anda bisa lihat daftar ukuran kaca yang akan dipakai dalam pembuatan aquarium dibawah ini :


Tebal kaca (mm) 3, Panjang aquarium (cm) 30, Lebar aquarium (cm) 20, Tinggi aquarium (cm) 20
Tebal kaca (mm) 3, Panjang aquarium (cm) 30, Lebar aquarium (cm) 20, Tinggi aquarium (cm) 20
Tebal kaca (mm) 3, Panjang aquarium (cm) 40, Lebar aquarium (cm) 20, Tinggi aquarium (cm) 30
Tebal kaca (mm) 5, Panjang aquarium (cm) 50, Lebar aquarium (cm) 30, Tinggi aquarium (cm) 30
Tebal kaca (mm) 5, Panjang aquarium (cm) 70, Lebar aquarium (cm) 35, Tinggi aquarium (cm) 35
Untuk kaca yang akan dipakai sebagai dasar pada aquarium sebaiknya ketebalannya ditambah 0,5–1 mm,. Setelah menentukan bentuk dan ukuran kaca yang akan diperpakai untuk membuat aquarium maka langkah selanjutnya adalah memotong kaca. Kaca yang diperpakai untuk membuat aquarium masih dalam bentuk lembaran kaca.

Proses Pesusunan Aquarium
Dalam membuat aquarium, ada beberapa hal yang harus dikuasai agar akuarium yang dibuat tidak bocor dan tahan lama, yaitu dengan; merancang/mendesain akuarium, memotong kaca, mesusun aquarium dan melakukan uji coba terhadap aquarium tersebut.

Alat dan bahan :
Kaca Sebagai bahan dalam pembuatan.
Penjepit kertas sebagai alat untuk menjepit antara potongan kaca yang kecil
Pemotong kaca sebagai alat pemotong kaca
Lem kaca / Sealant, ini merupakan lem khusus kaca  agar kaca daat melekat dengan baik dan tidak bocor.
Alat tembak lem silicon, berfungsi untuk memudahkan pembuat aquarium dalam mesusun aquarium.
Lakban, yang dipakai dalam mesusun aquarium sebaiknya lakban plastik yang berwarna coklat atau hitam. Lakban ini berfungsi untuk membantu berdirinya kaca dengan kaca lainnya agar tidak bergeser yang memudahkan dalam pemberian lem kaca.
Letakkan lembaran kaca pada meja kerja, meja kerja harus dalam keadaan datar dan bersih. Hal ini untuk menghindari terjadinya keretakan kaca yang akan diperpakai.
Ukuran kaca yang akan dipotong ini disesuaikan dengan bentuk akuarium yang akan dibuat. Dalam membuat potongan-potongan kaca, lembaran kaca dibuat polanya terlebih dahulu dengan mengpakai spidol dan penggaris besi. Untuk memotong kaca pakai alat pemotong kaca baik dan tajam
Setelah kaca terpotong, bagian pinggir dari potongan-potongan kaca harus dihaluskan dengan gerinda atau batu asahan karborondum.
Kaca yang akan disusun menjadi aquarium ini sudah dalam bentuk potongan-potongan kaca yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran aquarium yang akan dibuat. Kaca-kaca yang telah dihaluskan seluruh bagian pinggirnya dengan gerinda ini telah siap untuk disusun.

Tahap Pembuatan Aquarium Kaca :

Menyiapkan alat dan bahan yang akan dipakai
Memotong lembaran kaca sesuai dengan keingingan. Gosok tepi-tepi potongan kaca tersebut dengan batu asahan atau gurinda untuk menghaluskan pinggiran kaca yang tajam.
Menghaluskan ujung kaca dengan metode potongan kaca. Menempelkan lem kaca (lem silicon) pada bidang pertemuan potongan kaca.lem kaca.
Bila lem sudah terpasang dengan baik kaca bagian sisi kecil bias diasang.
Bila diperlukan, bagian dalam dan atas kaca bisa diperkuat dengan potongan kaca sedemikian rupa. Kaca penguat ini bisa juga berfungsi sebagai dekorasi
Pada saat menempelkan lem silicon ke kaca sebaiknya ketebalan lem pada seluruh permukaan kaca sama. Ujicoba tersebut dilakukan dengan mengisi air ke dalam akuarium selama 24 jam dan perhatikan apakah ada bagian yang bocor.
metode membuat akuarium sendiri – Assalamulaikum semua, pagi ini kita akan membahas artikel mengenai metode membuat akuarium sendiri, artikel mengenai metode membuat akuarium ini saya peroleh dari buku BSE (link nya ada di bawah)

Konstruksi wadah akuarium (metode membuat akuarium sendiri)
Konstruksi wadah akuarium sangat bergantung pada desain yang akan dikerjakan berdasarkan bentuk akuarium yang diinginkan. Bentuk akuarium yang biasa dipakai sebagai wadah budidaya ikan antara lain adalah akuarium segiempat, akuarium trapesium, akuarium segidelapan, akuarium segienam, akuarium botol dan akuarium ellips. yang akan kita bahas dalam metode membuat akuarium ini adalah akuarium segi empat.

Setelah merencanakan bentuk akuarium kaca yang akan dibuat, langkah selanjutnya menentukan ukuran kaca yang akan diperpakai untuk membuat akuarium. Ukuran kaca yang akan dipakai biasanya berkisar antara 3 mm – 16 mm. Sebagai acuan dalam metode membuat akuarium, ukuran kaca yang akan dipakai dapat dilihat pada Tabel 1. Untuk kaca yang akan dipakai sebagai dasar akuarium sebaiknya ketebalannya ditambah 1 – 2 mm.


Perbandingan antara ukuran akuarium dengan ketebalan kaca untuk membuat akuarium.
Setelah menentukan bentuk dan ukuran kaca yang akan diperpakai untuk metode membuat akuarium maka langkah selanjutnya adalah memotong kaca. Kaca yang diperpakai untuk membuat akuarium masih dalam bentuk lembaran kaca. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam memotong kaca antara lain adalah :

Hal ini untuk menghindari terjadinya keretakan kaca yang akan diperpakai saat proses membuat akuarium.

SUMBER :

http://ikanpeliharaan-ku.blogspot.com/2012/02/tips-dan-metode-mudah-membuat-aquarium.html

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: