Oleh: agriefishery | April 4, 2011

IKAN PLATY

Kelompok Livebearer meliputi empat keluarga besar yaitu: Ikan Empat-mata (Anablepidae), Halfbeaks (Hemirhamphidae), Meksiko Topminnows (Goodeidae), dan Toothcarps Live-bearing (Poecilliidae). Ikan platy adalah jenis livebearing dan milik keluarga Poecilliidae. Keluarga Ini merupakan keluarga terbesar dari empat keluarga yang berisi hampir 200 spesies, termasuk beberapa spesies akuarium lain terkenal, seperti Molly, guppy dan Swordtail. Semua spesies dalam keluarga Poecilliidae dilengkapi dengan gigi di kedua rahang bawah dan atas. Ikan ini berasal dari Amerika, tapi ikan liar Poecilliidae hari ini ditemukan di perairan tropis dan subtropis di banyak bagian dunia. Kebanyakan ikan liar Poecilliidae ditemukan di luar Amerika berasal dari ikan akuarium yang telah dilepaskan ke alam liar oleh aquarists. Di beberapa bagian ikan Poecilliidae Asia namun sengaja diperkenalkan dalam upaya untuk memerangi malaria dengan mengurangi jumlah nyamuk.

platy fish Picture

Platy merupakan ikan untuk pemula yang populer, karena relatif kokoh, mudah untuk merawat dan juga mudah untuk bertelur di penangkaran. Ikan ini Tidak akan tumbuh lebih besar dari 2,5 inci dan Platy tunggal dapat disimpan dalam akuarium ukuran 5 galon. Anda dapat memilih dari berbagai varian Platy berbeda, termasuk Platy Wagtail umum yang merah. Varian populer lainnya adalah Sunset Platy, Variatus Platy dan Tuxedo Platy. Platy Anda akan hidup baik jika disimpan dalam air yang sedikit basa. Mungkin akan bertahan hidup dengan tanpa makanan, tetapi ia akan hidup lebih baik jika Anda memberikan suplemen makanan dengan makanan hidup atau beku. Diet yang bervariasi memastikan bahwa ikan platy Anda menerima semua nutrisi yang diperlukan untuk tetap kuat dan sehat. Warna-warna Platy juga bisa berubah kusam dari makanan kurang.

Picture of platy fish

Jika Anda ingin mengembang biakkan Platy salah satu cara terbaik adalah dengan membeli 2-3 Platy betina yang benar-benar gemuk. Seekor Platy betina gemuk yang paling mungkin hamil dan Anda dapat mengharapkan anak dalam waktu satu bulan. Anda dapat melihat Platy jantan dan betina dengan melihat gonopodium mereka. Gonopodium adalah sirip dubur, atau lebih tepatnya bagian anterior dari sirip dubur, yang telah berubah menjadi kelamin. Baik ikan jantan dan betina dapat menampilkan gonopodium besar, tetapi Platy jantan akan menampilkan gonopodium yang memanjang dan jauh lebih besar dibandingkan seorang gonopodium betina. Sperma akan ditransfer dari Platy jantan ke betina melalui gonopodium tersebut. Platy betina Anda akan menjadi lebih dan lebih bengkak saat hari kelahiran datang lebih dekat, dan tidak biasa bagi betina untuk melihat anakan Platies sangat kecil, seperti kubus persegi. Berilah  banyak makanan hidup selain makanan berbentuk butiran, karena pakan hidup membuat anakan yang lebih besar dan sehat, sementara kualitas makanan tinggi adalah dasar yang sangat baik. Hal ini sangat penting bahwa Anda tetap menjaga akuarium tetap bersih dan membuang kotoran sebanyak mungkin. Pergantian air sekitar 25% harus dilakukan seminggu sekali, lebih disukai bahkan lebih sering.

 

Jika Anda ingin memastikan tingkat kelangsungan hidup yang tinggi untuk anakan Platy. Anda harus menetapkan sebuah akuarium yang terpisah untuk membesarka anakan. Beberapa peternak memilih untuk memindahkan Platy betina ke akuarium anakan dan membiarkan dia melahirkan di sana. Orang lain juga sering menemparkan jarring pembiakan di dalam akuarium besar dan menempatkan perempuan dalam jaring, dimana ia dan keturunannya akan dipisahkan dari ikan lainnya. Betina tidak berbahaya bagi anakannya selama 12 jam pertama setelah melahirkan, karena hormon akan mencegah dia dari merasa lapar. Seekor Platy yang dipindahkan ke akuarium baru atau tertangkap dalam jaring akan selalu mengalami stres. Stres dapat menyebabkan Platy betina untuk melahirkan prematur, dan karena itu Anda harus tidak memindahkannya sampai dia tampak seperti dia siap melahirkan. Jika Anda tidak ingin dia mengalami stres, Anda selalu dapat membiarkan dia melahirkan di akuarium besar tanpa terjaring. Jika Anda memberikan anakan banyak tempat persembunyian, mereka akan mencoba untuk menjauh dari ikan dewasa yang lapar sama seperti mereka di alam liar. Kerikil besar, kelereng besar dan daerah padat yang ditanami dengan tanaman lebat adalah tempat persembunyian yang bagus untuk anakan ikan. Banyak anakan mungkin akan dimakan, tetapi setidaknya beberapa anakan dari setiap pemijahan biasanya akan berhasil.

SUMBER :

http://www.aquaticcommunity.com/livebearer/platy.php

About these ads

Responses

  1. salam kenal mas..sy ingin btrnak ikan platy utk pakan ikan hias,kira2 ikan hias apa aja yg bs mngknsumsi ikan platy?trimksh y mas n d tnggu saran’y

    • hampir semua jenis ikan hias yang bersifat karnivora mau. misalnya ikan oscar, palmas, aligator dll


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: