Oleh: agriefishery | April 13, 2010

Pembuatan Kolam Pembesaran Lele di kampung lele, Boyolali


Kolam pembesaran merupakan kolam yang digunakan untuk memelihara benih lele dari ukuran 5 – 10 cm menjadi lele konsumsi atau lele dengan ukuran besar. Kolam pembesaran dibuat kedap air dan mempunyai dinding yang kuat sehingga tidak mudah mengalami kebocoran karena digunakan untuk menampung air sebagai media hidup. Selain itu juga dikarenakan lele memilki sifat menggali dinding kolam sebagai tempat membuat sarang dan dapat memungkinkan lele meloloskan diri dari lubang-lubang dinding kolam yang digali.

Kolam pembesaran dapat berupa kolam tanah, kolam semen dan kolam tanah dengan dinding dikelilingi oleh karung berisi tanah yang berfungsi agar dinding kolam tidak longsor. Kolam tanah dan kolam yang terbuat dari semen atau kolam permanen memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Kolam tanah dapat membuat daya tahan tubuh kuat, tidak berlemak tetapi mudah mengalami kebocoran karena lele memiliki sifat menggali tanah. Kolam permanen lebih tahan lama untuk penggunaan dalam waktu jangka panjang, tidak mudah bocor dinding-dinding kolam, mudah dalam penanganan dan pembersihan tetapi kolam permanen ikan yang dihasilkan tidak tahan penyakit dan daging berlemak.

Bentuk kolam pembesaran kampung lele dibuat berbentuk empat persegi panjang karena memiliki kelebihan diantaranya yaitu

  1. Mudah dalam hal pembuatannya. tanah digali  berbentuk empat persegi panjang sedalam 1,5 M, bagian bawah kolam dibuat caren (saluran untuk mempermudah waktu pemanenan).
  2. Mudah dalam hal sanitasi, terutama pada waktu pembuangan lumpur setelah pemanenan ke pematang kolam.
  3. Memudahkan dalam pemeliharaan ikan khususnya pemerataan pemberian pakan.

Ukuran suatu kolam antara pembudidaya satu dengan yang lain tidak sama tetapi ukuran kolam yang optimal adalah 4 m x 15 m yang diharapkan untuk sekali panen dapat sekali angkut sehingga lebih efisien dan efektif dalam pemeliharaan, panen dan pengangkutan. Ukuran kolam pembudidaya kampung lele lebih besar berukuran 4 x 16 m3. Kedalaman kolam keseluruhan adalah 140 cm dengan kedalaman air 100 cm. Permukaan air dalam kolam perlu dibuat, supaya lele tidak mudah keluar. Kedalaman air 100 cm diharapkan fluktuasi suhu dalam kolam kecil, ikan tidak mudah stress dan tidak mudah terserang penyakit yang mengakibatkan kematian.

Dasar kolam pembesaran lele dibuat saluran (caren) sepanjang kolam dengan lebar 40 cm dan kedalaman 30 cm. Caren berfungsi untuk memudahkan penagkapan pada waktu proses panen.

Kolam pembesaran ikan terdapat dua saluran air yaitu inlet (saluran masuknya air) dan autlet (saluran pembuangan air). Kolam pembesaran lele yang terdapat dikampung lele terdapat satu saluran air yaitu saluran inlet yang diletakkan di samping dinding kolam atau di dasar kolam yang sudah di buat saluran memakai pipa peralon. Saluran outlet tidak ada sehingga untuk pembuangan air menggunakan pompa sedotan air baik saat pemanenan atau saat pembuangan air karena banjir. Selama tahap pembesaran air dipertahankan tanpa ada pembuangan atau pemasukan air terkecuali karena hal-hal tertentu seperti terserang penyakit, kedalaman kurang dari 1 meter. Air dipertahankan bertujuan agar tidak mengubah reaksi dalam kolam.

Keamanan disekitar kolam dari binatang buas seperti burung pemakan ikan dapat memberikan penutup di atas kolam dengan syarat  matahari masih dapat masuk ke kolam. Penutup kolam dapat menggunakan jaring atau paranet, penutup dipasang tegak ditepian kolam. Sekeliling kolam juga dapat ditanami pepohonan seperti tanaman tebu, ketela, pandan dan tanaman lain-lain. Tanaman disekeliling kolam berfungsi sebagai keamanan dari binatang buas seperti musang karena musang tidak suka dengan bau tanaman pandan dan dapat menyerap suhu yang terlalu panas atau dingin sehingga fluktuasi suhu tidak terlalu besar.

Sumber :

farida ulfa kumala. 2010. laporan Kerja Lapangan. Pembesaran Lele dumbo di kampung Lele, Boyolali. jurusan perikanan. fakultas pertanian. universitas gadjah mada.

About these ads

Responses

  1. lagi belajar nie…, pingin usaha pembesaran lele, tapi maren nyoba dah 6 bulan lum layak panen…..

  2. cara pembuatan untuk pembuangan nya itu gimana ya…ama mau ngecek kedalaman air..untuk pembesaran..

  3. Asslm..wr.wb..
    maaf mas mau tanya klo budidaya ikan nila di klaten ada ga ya?saya pingin punya kolam ikan nila di daerah klaten…thanks..

  4. jenis pakan yg sring dpke para itu ap aj mas/pak selain “por profit”?panen tercepat brp bln?bgmn plh bbitlele yg unggul?

  5. mas pak,, aku py bibit lele sangkuriang asli induk dr sukabumi,,, berbagai ukuran,,,kalau minat hubungi
    Harga bisa di nego

    Pemasaran danang
    085885852706
    Kaliwungu,Pager,Kab semarang dekat tlatar
    PUSAT PEMBIBITAN BUDIDAYA LELE DUSUN KALIWUNGU
    sponsor;DINAS PERIKANAN KAB SEMARANG

    “semoga bisa menjadi mitra yang kami, kami mengutamakan kepuasan konsumen”

  6. kalau di tempatku di jogja, usia tabur 60-70 hari sudah panen

    http://tipslele.wordpress.com/2014/04/03/gambaran-bisnis-pembesaran-lele-tahun-2014/


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: