Oleh: agriefishery | Maret 3, 2010

KOLAM BUDIDAYA IKAN

Jenis-jenis kolam yang akan digunakan sangat tergantung kepada sistem budi daya yang akan diterapkan. Ada tiga sistem budi daya ikan yang biasa dilakukan.

1. Tradisional/ekstensif, kolam yang digunakan adalah kolam tanah yaitu kolam yang keseluruhan bagian kolamnya terbuat dari tanah.

2. Semi intensif, kolam yang di- gunakan adalah kolam yang bagian kolamnya (dinding pematang) terbuat dari tembok sedangkan dasar kolamnya terbuat dari tanah .

3. Intensif, kolam yang digunakan adalah kolam yang keseluruhan bagian kolam terdiri dari tembok .

Jenis-jenis kolam berdasarkan sumber air yang digunakan adalah kolam air mengalir/running water dengan sumber air berasal dari sungai atau saluran irigasi di mana pada kolam tersebut selalu terjadi aliran air yang debitnya cukup besar (50 l/detik) dan kolam air tenang/ stagnant water dengan sumber air yang digunakan untuk kegiatan budi daya adalah sungai, saluran irigasi, mata air, hujan, dan lain- lain tetapi aliran air yang masuk ke dalam kolam sangat sedikit debit airnya (0,5–5 l/detik) dan hanya berfungsi menggantikan air yang meresap dan menguap.

Jenis-jenis kolam yang dibutuhkan untuk membudidayakan ikan berdasar-kan proses budi daya dan fungsinya dapat dikelompokkan menjadi beberapa kolam antara lain kolam pemijahan, kolam penetasan, kolam pemeliharaan/pembesaran, dan kolam pemberokan induk.

Kolam pemijahan adalah kolam yang sengaja dibuat sebagai tempat perkawinan induk-induk ikan budi daya. Ukuran kolam pemijahan ikan bergantung kepada ukuran besar usaha, yaitu jumlah induk ikan yang akan dipijahkan dalam setiap kali pemijahan. Bentuk kolam pemijahan biasanya empat persegi panjang dan lebar kolam pemijahan misalnya untuk kolam pemijahan ikan mas sebaiknya tidak terlalu berbeda dengan panjang kakaban. Sebagai patokan untuk 1 kg induk ikan mas membutuhkan ukuran kolam pemijahan 3 × 1,5 m dengan kedalaman air 0,75–1,00 m.

Kolam pemijahan sebaiknya dibuat dengan sistem pengairan yang baik yaitu mudah dikeringkan dan pada lokasi yang mempunyai air yang mengalir serta bersih. Selain itu kolam pemijahan harus tidak bocor dan bersih dari kotoran atau rumput- rumput liar .

Kolam penetasan adalah kolam yang khusus dibuat untuk menetaskan telur ikan, sebaiknya dasar kolam penetasan terbuat dari semen atau tanah yang keras agar tidak ada lumpur yang dapat mengotori telur ikan sehingga telur menjadi buruk atau rusak. Ukuran kolam penetasan disesuaikan juga dengan skala usaha. Biasanya untuk memudahkan perawatan dan pemeliharaan larva, ukurannya 3 × 2 m atau 4 × 3 m .

Kolam pemeliharaan benih adalah kolam yang digunakan untuk memelihara benih ikan sampai ukuran siap jual (dapat berupa benih atau ukuran konsumsi). Kolam pemeliharaan biasanya dapat dibedakan menjadi kolam pendederan dan kolam pembesaran ikan. Pada kolam semi intensif atau tradisional sebaiknya tanah dasar kolam adalah tanah yang subur jika dipupuk dapat tumbuh pakan alami yang sangat dibutuhkan oleh benih ikan .

Kolam pemberokan adalah kolam yang digunakan untuk menyimpan induk-induk ikan yang akan dipijahkan atau ikan yang akan dijual/diangkut ke tempat yang jauh .

Artikel lainnya :

About these ads

Responses

  1. proses pembuatan kolam pake terpal gmn, air tanah ap bgs utk ikn?

    • kalau kolam terpal silahkan baca di postingan saya mengenai kolam terpal

  2. mas agri, mo nanya nih …………
    untuk budidaya ikan mas di kolam terpal, per 1m2 bisa di tebar berapa ekor ikan dan sistem sirkulasi air tanpa menggunakan mesin pompa ada ngk ya (sumber air dari air sumur). makasih

  3. Mas kalo pemeliharaan ikan mas pake kolam terpal gimana caranya?
    Tolong info lengkapnya yach.
    Makasih banyak sebelumnya…

  4. Dirumah saya ada kolam, cuma buat hiasan aja bukan untuk budidaya/hobiis. Tipe kolamnya tanpa aliran air,hanya pakai pompa air saja.
    Bisa minta tips perawatan kolam seperti kolam saya?
    Bagaimana cara membuat filter air sederhana untuk kolam saya?Karna air kolam sudah sangat kehijauan dan berpasir.
    Terima kasih

  5. Saya mau membudidayakan ikan mas, tapi terbuat dari terpal. Bisa ngakya ? Tlg dong bimbinganya

  6. Saya mau banget membudidayakan ikan mas, tapi tidak ada modal, tidak ada tempat, dan tidak ada waktu…. tolong dong bimbingannya… trims.

  7. apa ada solusi agar kolan ikan hias tidak banyak lumut,diposisi alam terbuka/kena matahari langsung………

  8. .. saudara yg budiman .. alhamdulillah kita bisa jumpa di rubrik ini … dan semoga kemandirian saudara sekalian di bidang ekonomi khususnya perikanan bisa lebih maju lagi dan dapat bertukar pengalaman tentang sukaduka bergelut di usaha perikanan .. dan suatu saat bisa berjumpa di suatu tempat ! salam kenal dan selamat berjuang !wassallam !

  9. trmkasih untuk artikelnya mas,,=) .bagaimana dengan analisis ekonominy yaa mas ? jika tidak keberatan, saya mau diberikan informasinya .saya berencana melakukan penelitian tentang analisis ekonomi air irigasi untuk kolam ikan .trmksih atas bantuannya mas …^^

  10. Sy sgt mbutuhkan petunjuk teknis lebih lanjut ttg budidaya ikan mas dkolam tanah tapi debit air hanya 0.5-1 l/dtk,tmksh

  11. UD. NABILA FARM

    Kami petani ikan air tawar dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman, menyediakan segala macam bibit ikan air tawar unggul dan bermutu tinggi. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau.
    Bibit yang kami hasilkan adalah bibit berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :

    Komoditas : PATIN, BAWAL, MAS, TAWES, GRASCAP, NILA, GURAMI
    Sistem : Intensif
    Pengangkutan: Dikemas plastic polyteline dalam kotak styrofoam penahan panas
    Kota tujuan : Kalimantan,Papua,Bali,NTB,NTT,Maluku,Sulawesi,Sumatra,Kepri

    KAPASITAS PENGIRIMAN / BOX :
    BAWAL ukuran ¾ inci = 7000 ekor, 1 inci = 6000 ekor, 1 inci up = 5000 ekor
    PATIN ukuran 1 inci – 1 inci up = 6000 – 7000 ekor
    IKAN MAS ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5500 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    TAWES ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    GRASKAP ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    NILA ukuran larva = 50.000 ekor, 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor, 4-6 = 4000 ekor
    GURAMI ukuran telur = 50.000 butir, 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5000 ekor, 3-5 = 4000 ekor, 4-6 = 2500 ekor, 5-7 = 2000 ekor, Jempol = 1250 ekor
    Untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pengambilan langsung ke kolam kami minimal 1000 ekor benih.

    Informasi harga murah berkwalitas dan konsultasi pembudidayaan silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.abenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman – Yogyakarta (10 meter selatan dealer Honda AHASS). Kami memberikan garansi ikan selamat sampai ke tujuan.
    Datang…Lihat dan tentukan yang terbaik bagi anda.

  12. mas untuk beni ikan beby dalam 1 mtrpersegi lahan berapa isinya. trima kasih


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: