Oleh: agriefishery | November 28, 2009

BUDIDAYA CACING RAMBUT ( Tubifex sp. )


Cacing rambut merupakan salah satu alternatif pakan alami yang dapat dipilih untuk memberi makan ikan yang anda pelihara, terutama pada saat fase larva hingga benih ataupun untuk ikan hias anda karena memiliki kandungan nutrisi yang baik dan cenderung seimbang dan sangat bagus untuk pertumbuhan ikan.

Budidaya cacing rambut dapat dilakukan dengan cara – cara sebagai berikut :

  1. Wadah budidaya dapat berupa parit beton atau wadah yang dilapisi plastik, lebar 0,5 meter.
  2. Media budidaya yaitu berupa campuran kotoran ayam segar 50% dan lumpur kolam 50%. Tinggi media 5 cm. Pemupukan ulang dilakukan dengan menambahkan kotoran yam sebanyak 9% dari volume awal, dilakukan setiap minggu.
  3. Media dialiri air irigasi, dengan debit air 900 ml/menit.
  4. Benih cacing rambut ditebar sehari sesudah media kultur dialiri air, yaitu sebanyak 2 gram/ m2.
  5. Panen cacing rambut dilakukan setelah budidaya berlangsung dua bulan dan berturut –turut setiap dua minggu.
  6. Cara pemanenan cacing rambut yaitumenggunakan serokan dari terilin. Cacing rambut yang didapat dan masih bercampur dengan media budidaya dimasukkan kedalam ember atau bak yang diisi air, kira –kira 1 cm diatas media budidaya agar cacing rambut naik ke permukaan media budidaya. Ember ditutup hingga bagian dalam menjadi gelap dan dibiarkan selama enam jam. Setelah enam jam, cacing rambut yang menggerombol diatas media diambil dengan tangan.
  7. Dengan cara ini didapat cacing rambut sebanyak 30 – 50 gram/m2 per dua minggu.
  8. Untuk mendapatkan cacing rambut yang cukup dan berkesinambungan, panjang parit perlu dirancang sesuai dengan keperluan setiap harinya.

 

Dikutip dari : Buku petunjuk teknis budidaya pakan alami ikan dan udang.

About these ads

Responses

  1. saya mau tanya, setelah membuat media kotoran ayam 50% dan lumpur 50%, di artikel tertulis tambahan media 9% dari volume awal dan di lakukan setiap minggu. maksudnya, setelah membuat media awal lalu ditambah setiap minggunya, dengan kondisi cacing sudah di tempatkan di media atau belum? mohon pencerahannya.

    • cacingnya sudah di dalam wadah. prinsipnya pemanenan cacing hanya diambil 5o % saja. sisanya untuk bibit kembali. fungsi pemupukan ulang supaya nutrisi yang telah dipakai oleh cacing dapat digantikan kembali

  2. bagaimana jika yang dipakai kotoran sapi segar? apakah sudah ada yang mengusahakan budidaya cacing sutera secara komersial/intensif? mohon informasinya. terima kasih.

  3. apakah kotoran ayam bisa diganti kotoran kambing atau sapi…?

    • bisa, tapi dari kandungan nutrisinya yang paling tinggi bersal dari kotoran ungggas

  4. Boleh ga kalo pake lumpur doang gapake kotoran ayam

    • bisa saja tapi pertumbuhan cacingnya cenderung lambat karena sedikit kandungan nutrisi yang didapatnya

  5. apakah kotoran ayam dapat di ganti dengan kotoran kelinci

    • bisa saja, namun nutrisi di kotoran ungggas lebih tinggi bila dibandingkan dengan nutrisi kotoran hewan herbivora terutama kanduungan proteinnya

  6. mohon saya minta foto2nya agar memudahkan kami dalam mempraktekanya! jzkkllh mhn kirin ke imail kami

  7. klo pake pupuk kandang bisa/nggak?

  8. Lebih baik mana jika dengan fermentasi sisa pakan pelet dijadikan media untuk menambah nutrisi didalam suatu wadah produksi?50 fermentasi pakan:50 lumpur.

  9. pagi Om, maaf, saya mau tanya, untuk media pertumbuhan dan perkembangan tubifek, manakah yang paling baik menggunakan kotoran ayam segar, kotoran ayam kering atau yang sudah menjadi pupuk kandang? apakah air yang digunakan untuk mengairi media harus air yang jernih? jika menggunakan air dari kolam budidaya lele atau nila, bagaimana?

  10. sama gak sama cacing bwt kecantikan? mohon penjelasannya terima kasih

  11. ada efek buruk nya ga bagi kita klo kontak lngsung dgn cacing rambut ini ??

  12. air’a hrus mngalir pa nga??

  13. Saya pernah baca buku mengenai pemakaian ampas tahu untuk budidaya tubifex,.
    Apakah memakai ampas tahu sudah bisa,.
    Apakah lebih baik kalau media d atas d tambah ampas tahu,.
    Terimakasih mohon jawabannya,.!

  14. bang tau tempat budidaya cacing tubifex gak,,cz butuh bgt buat tmpat PKL?
    thanks b4

    • coba ke balai pengembangan ikan hias depok. tanya aja disana mungkin ada

  15. minta cara budidaya secara detiel.trims

  16. minta cara budidaya cacing sutra secara mendetiel.trims

  17. minta di kirim cara budidaya cacing sutra ke e-mail= adimarta29@yahoo.com.trims

  18. kalau wadah dari ember, atau temat terbuat dari plastik bagaimana

    • bisa juga di gunakan yang penting harus ada media pemeliharaan sama debit air

  19. kalau wadah dari ember atau tempat plastik bagaimana

  20. Gratis !!!! Dapatkan buku saku “Pedoman praktis usaha budidaya cacing sutra”

    Disebalik makin sempitnya lapangan pekerjaan sementara biaya seminar, kursus, pelatihan budidaya semakin mahal. Kami berencana membagi-bagikan 1000 copy buku saku “Panduan praktis beternak cacing sutra” secara GRATIS kepada Anda yang membutuhkan lapangan pekerjaan dibidang agribisnis.

    Keterangan lengkap kunjungi :

    http://bukupanduangratis.wordpress.com

  21. tolong dong gimana cara menampung cacing! Soalnya saya beli cacing selalu mati. Trims.

    • cara penyimpanan biar bertahan lama. dia harus diletakkan di air yang mengalir. misalnya cacing ditauh di ember lalu diberi pancuran air dengan debit yang kecil

  22. numpang tanya, klo benihnya harus yg kya gmna om?

  23. Apa benar blm ditemukan/dikuasai cara budi daya Tubifex Sp secara kontiniu…???klo ad ksh tau dimana tempat usaha budidayanya…

  24. gan katanya sebelum budidaya cacing di karantina dulu supaya tahu jika ada bakteri patogen, bisa di jelaskan ga, ciri-ciri kalau ada bakteri patogen itu,

    • ciri ciri khususnya susah diliat dengan kasat mata. mending mencegah sebagai langkaah preventif.

      • gan kalau air yang mengalir dari kolam lele terus di alirkan ke tempat cacingnya dengan debit air kecil apa masih memerlukan pupuk kandang lagi????

  25. assallamu alaikum.??
    biasany alat yg dpke untuk mengaliri media tu ap?
    klau pke alat yg biasa dpke d aquarium tu bsa gak

    • bisa cuma debitnya/ air pancurannya diperkecil atau disesuaikan

  26. Bisa nggak? Mmbuat ccing rmbut tnpa indukan?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: