Oleh: agriefishery | September 19, 2009

TEKNIK AKUAPONIK

Akuaponik merupakan salah satu cara mengurangi pencemaran air yang dihasilkan oleh budidaya ikan dan juga menjadi salah satu alternatif mengurangi jumlah pemakaian air yang dipakai oleh sistem budidaya. 

       Teknologi akuaponik merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam rangka pemecahan keterbatasan air. Disamping itu teknologi akuaponik juga mempunyai keuntungan lainnya berupa pemasukan tambahan dari hasil tanaman yang akan memperbesar keuntungan para peternak ikan.

       Aquaponik yaitu memanfaatkan secara terus menerus air dari pemeliharaan ikan ke tanaman dan sebaliknya dari tanaman ke kolam ikan. Inti dasar dari sistem teknologi ini adalah penyediaan air yang optimum untuk masing-masing komoditas dengan memanfaatkan sistem re-sirkulasi. Sistem teknologi akuaponik ini muncul sebagai jawaban atas adanya permasalahan semakin sulitnya mendapatkan sumber air yang sesuai untuk budidaya ikan, khususnya di lahan yang sempit, akuaponik yang merupakan salah satu teknologi hemat lahan dan air yang dapat dikombinasikan dengan berbagai tanaman sayuran. Beberapa hal  berkaitan dengan pemeliharaan ikan agar baik dalam teknologi akuaponik adalah sebagai berikut:

Jenis Ikan

Padat Tebar (ekor/m2)

Mas

10-200

Nila

100-150

Gurame

5-10

Lele

100-150

Patin

10-15

Wadah Pemeliharaan 

       Wadah pemeliharaan ikan prinsipnya mempunyai  pembuangan air yang dapat menyedot kotoran ikan ataupun sisa pakan yang digunakan untuk dialirkan kedalam bak filter misalnya dengan menggunakan ember – ember plastik ukuran 10-20 l atau papan kayu yang dibentuk menjadi  seperti bak saluran air yang dilapisi plastik.  luasan ember sebagai filter yang digunakan adalah 25% dari permukaan wadah pemeliharaan ikan seperti pada gambar. Sehingga air yang kotor menjadi bersih kembali. Medianya terdiri dari : batu kerikil atau batu apung lebih dianjurkan untuk digunakan karena jika memakai tanah maka seringkali jalannya air lebih terhambat karena tanah-tanah halus juga ikut hanyut dan menyumbat lubang pengeluaran

Sistem Resirkulasi

       Secara ringkasnya dapat digambarkan sebagai berikut, air yang berasal dari wadah pemeliharaan ikan dialirkan dengan menggunakan pompa air ke filter yang juga berfungsi sebagai tempat untuk menanam tanaman, kemudian air yang sudah difilter tersebut dialirkan kembali kedalam kolam ikan dialirkan secara terus menerus, sehingga amoniak yang berada di kolam akan tersaring sampai 80 % oleh tanaman tersebut..jenis tanaman yang sudah dicoba dan berhasil cukup baik adalah kangkung, tomat, sawi dan fetchin atau pokchai. Karena media filter tidak menggunakan tahah maka agar tanaman dapat tumbuh baik perlu disemaikan dulu sampai bibit berumur 1-1,5 bulan baru  siap dipindahkan pada sistem akuaponik dengan jarak tanam :

Jenis Tanaman

Jarak Tanam (cm)

Kangkung

10

Cabai

40

Tomat

40

Terong sayur

40

About these ads

Responses

  1. salam kenal.
    saya penggemar ikan, khususnya ikan air tawar. ada permasalahan yang ingin saya tanyakan semoga anda dapat membantu saya mendapatkan jawabannya. bila kita membeli artemia, maka sebelum digunakan artemia tsb harus dikulturkan dahulu. pertanyaannya, bagaimanakah cara agar artemia yang hidup tsb dapat dibekukan sehingga dapat diawetkan dalam waktu tg lamas dan hidup kembali sewaktu dikulturkan ketika hendak digunakan. terima kaih.

    • untuk Juvi.
      terima kasih atas pertanyaannya. saat kamu mengulturkan artemia , fase yang dapat kamu awetkan adalah fase telur. karena pada saat fase telur saat itulah dia berada pada fase pasif. kamu cukup mengeringkannya saja karena dia tidak akan aktif di kondisi okgigen bebas yang kering. dan untuk mengaktifkannya kamu cukup merendamnya kedalam air. dalam beberapa jam akan segera hidup.
      maaf jika terdapat kesalahan dalam menjawabnya.
      tetap sering berkunjung tuk dapat informasi lebih banyak.

  2. sy sdh mencoba gurame dg tomat, sering sy beri daun lompong/tales, permasalahan air tidak bisa jernih (warna hijau).
    untuk media tanam pakai sikas. tumbuhan dan ikan dpt hidup baik, sirkulasi baik debit pompa mencukupi,
    apa ada yang salah? mohon penjelasannya tx.

  3. bgaimana dngan sistem aquaponik air laut,,,, bsa gk memelihara udang windu dengan menggunakan sistem ini,,,, jika bisa, tumbuhan yang harus ditanam itu jenisnya apa?

    • kalau air laut biasanya bukan akuaponik lagi. tapi sudah menggunakan sistem resirkulasi . kalau ingin meniru konsep akuaponik bisa saja dengan menggunakan filter vegetasi dari rumput laut.

  4. assalamualaikum
    terima kasih atas informasinya yang sangat penting ini tp saya belum mengert benar tentang aquaponik tentang kontruksi kolamnya..
    bagaimana kontruksi kolam agar kotoran ikan dpat tersedot?
    klo bsa saya minta desain sistem aquaponik secara detail..

    terima kasih sebelumnya..

  5. lahan rumah ku gak besar…. tapi pengen

  6. salam kenal,nama saya Ali.ane tertarik dengan akuaponik,cuma ada pertanyaan…pompanya apa terus dijalankan atau ketika kuras kolam aja.kalo terus menerus apa g mahal di BBM/Listriknya.terima kasih untuk jawabannya…. trus desain sistem aquaponik secara detail gmn…

  7. saya tertarik,pertanyaan,saya berapa biaya keselurahan untuk kolam 3*4 m

  8. ada buku tentang aquaponik,kah… krna di kalteng,ga da.. saya bisa transaksi pengiriman kh?

  9. salam kenal
    saya sangat tertarik dengan tulisan ini. kalo boleh saya minta diajarkan cara membuat akuaponik tersebut, atau adakah panduan yang bisa saya dapatkan tentang desain bagan pembuatan akuaponiknya, kebetulan saya mempunya 3 buah kolam terpal yang diisi dengan lele.
    saya juga mohon informasi apakah tehnik akuaponik ini bisa menggunakan pompa hidram tanpa listrik dan bensin, (soalnya bensin besok dah naek harga hehehe)
    abdil aceh
    (abahnaiwa@yahoo.com)

  10. trimakasi atas infony

  11. salam kenal
    aqua ponik sangat bermanfaat bagi yang mempunyai lahan sempit,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: