Oleh: agriefishery | Juli 31, 2009

CARA PEMBUATAN KOLAM TERPAL

Kolam ikan dengan menggunakan terpal merupakan salah satu alternatif bagi para penghobi / pembudidaya ikan konsumsi maupun ikan hias baik itu yang masih pemula maupun yang sudah professional untuk membuat suatu kolam ikan dengan biaya yang relative murah.

Kerena itu bagi anda yang memiliki sedikit modal untuk memiliki kolam sendiri, cara ini merupakan cara yang sangat tepat karena kolam terpal hanya membutuhkan biaya pembuatan yang relative murah dan sangat mudah untuk dibuat sendiri bila dibandingkan dengan kolam permanen (kolam beton) yang cenderung memiliki konstruksi pembuatan yang cukup rumit dan menghabiskan biaya yang relative besar.

Berikut ini akan saya jelaskan cara pembuatan kolam terpal tersebut :

Bahan:

1. Terpal (ukuran sesuai dengan keinginan anda)

2. Sekam

3. Batako / Bata Merah

KOLAM TERPAL

Cara pembuatan :

  1. Cari posisi tanah yang langsung terkena sinar matahari dan cukup luas untuk pembuatan kolam.
  2. Gali tanah sesuai dengan luas kolam yang anda inginkan dengan kedalaman ± 50 cm.
  3. Tanah hasil galian tadi digunakan untuk tanggul di sisi kolam dan dipadatkan supaya tanggul tersebut kuat lalu permukaan tanggul diberi batako / bata merah supaya permukaannya rata.
  4. Setelah penggalian selesai, selanjutnya dasar kolam diberi sekam secar merata.
  5. Terpal siap dipasang dan diisi air.
  6. Diatas terpal diberi batako / bata merah lagi supaya aman dan rapi.

 

Artikel lainnya:

About these ads

Responses

  1. ikan apa saja yg cocok u budidayakan dalam kolam terpal? dan apa fungsi sekam yang di tebar di dasar kolam?
    terimakasih….

    • cari ikan yang kira kitra memiliki toleransi adaptasi yang besar seperti ikan nila, lele, mujair dan lain lain
      hampir seluruh jenis ikan konsumsi bisa di budidayakan di kolam terpal.

      fungsi dari sekam yaitu untuk mengurangi tekanan air ke terpal sehingga terpal tidak mudah bocor akibat gesekan

      • halo bro, salam knal dri saya pujo di palembang.
        seandainya saya ingin memesan bibit ikan yg bgus saya harus menghubungi kmna ?

      • hal tersebut tergantung dari letak sumber air yang dipakai. untuk penggunaan kolom kayu harus menggunakan kerangka yang benar2 kuat untuk menahan masa air.

  2. mantap juga bos plastik sebaiknya warna apa

    • cari warna yang tidak terlalu cerah ataupun gelap…
      kalo terlalu cerah n terlalu gelap nanti fluktuasi suhunya terlalu besar

      warna yang biasa digunakan warana biru n warna orange

  3. mas saya tertarik untuk budidaya lele dengan kolam terpal ini,…mohon petunjuk untuk cara perlakuan kolam sebelum tebar bibit…????
    katanya nunggu satu minggu dulu ya sebelum bibit di tebar dan pakek pupuk segala biar airnya bisa hijau untuk pakan alami lele .. mohon penjelasanya dan pupuk apa yang di pakek,,,??
    trus untuk kolam ukuran 2×3 bibit lele yg bisa saya masukkan idealnya berapa ya,,??
    maaf banyak tanya,,.
    emailku: bennybingar@ymail.com
    makasih banget sebelumnya..

  4. Terima Ksih..

    Ide Yang sangat berharga…

    Berapa Lama kira2 kekuatan terpalnya kang..?

    • tergantung bahan terpalnya….
      biasanya bisa bertahan hingga 1 tahunan
      namun segala sesuatunya tergantung perawatan kolam

  5. Terima Ksih..

    Ide Yang sangat berharga…

    Berapa Lama kira2 kekuatan terpalnya kang…?

  6. sebelum bibit di tebar dan pake pupuk biar airnya bisa hijau untuk pakan alami lele bisa gunakan TON (Tambak Organik Nusantara). unTuk 1 M2 kepadatan lele 100 ekor.

  7. kalo tanahnya gak digali langsung pake susunan bata aja kuat gak ya ??

    • tergantung konstruksinya. tapi bila disisi sisinya dipasang penopang mungkin kuat.

      • kalo mau buat kolom dari kayu dan bambu di permukaan tanah ( tanpa di gali) kira-kira bgus gak y mas ?

  8. maaf mas, system drainasenya bagaimana, trus kalau hujan turun pembuangan airnya seperti apa? mohon petunjuknya

  9. dimana bisa didapatkan pupuk TON tsb, takaran pemberian pupuk brp banyak untuk kolam ukuran 4 x 5 m2,sebagai penganti pupuk bisa ga di tebarin bangkai ayam, trims bantuanya boz,tlg email ke akiemgtg@yahoo.com

  10. Memecahkan masalah. Sip.

  11. Bos,,sy ada bibit lele dumbo..tlong bantu pemasarannya ya

  12. kalau membuat kolam terpal, setiap sudutnya harus di jahit. apakah tidak bocor? dlam tehniknya utk tinggi 1 m apa perlu di jahit?

    • untuk agung:
      biasanya tidak dijahit. tapi ukuran terpalnya yang di pilh yang besar jadi tidak memakai sistem jahitan di setiap sudutnya

  13. bos, mau tanya klo buat gurame bisa ga?
    klo untuk 1000 ekor benih kira2 modalnya brapa ya?
    pembuatan kolam + pembelian bibit

    • bisa, modal kira kira
      telur gurame di jogja Rp. 25 -27.
      untuk kolam terpal tergantung luas kolam harga konstruksinya.

      • mas klo lebar kolam 2,3m berapa benih yang harus di tebar n berapa lama air nya harus di ganti

  14. mau tanya pak,ukuran terpal yg terbesar tampa jahitan berapa? untuk kolam gali yg di beri terpal,masalah waktu hujan bagaimana caranya agar air tidak over ( saluran keluarnya),,thank sebelumnya..

  15. pengalaman sy, utk draenase air masuk dan keluar, sy pake pipa paralon, terpal dilobangi dan pake tali karet potongan ban bekas, awet tuh, sdh dua tahunan masih kuat..

    • klu boleh tau sekam itu sejenis apa pak……??? dan klu mau pesan bibi2t nya berapa,trus itu perekor atau kiloan ni pak…???

  16. mas, saya ingin tanya kl dlm pembibitan bgm cara melakukan pembibitan ikan lele, dan sewaktu memasukan ikan lele tp kolam tdk diberi pupuk apakah ada efek sampingnya dan berapa perbandingannya besar kolam dgn banyaknya ikan lele yg akan di masukan dlm kolam, tolong yah mas di jelaskan, terimakasi ya mas.

    • dari pengalaman ku , penyebaran tampa pupuk , 80% biit tidak akan bertahan hidup , jangan coba2x

  17. mas, yang coccok pembuatan kolam ikan gurameh yang bagus menggunakan terpal atau semen yang dibuat dari batako dan bagusnya digali apa diatas permukaan tanah.

    • untuk hal tersebut tergantung dari si pembuat…
      untuk masalah digali atau tidak itu biasanya bergantung dari topografi suatu tempat misalnya sumber air

  18. mas,, namaku aries. aq baru pemula memelihara ikan lele dikolam terpal. kolam terpalku ukuran 5x6x0,7 m yang ku isi benih 5000 ukuran 7-8. awal 1 minggu ikan tampak sehat, tapi setelah hampir 2 mingguan airnya berubah agak kecoklatan tetapi yang jadi masalah ikan banyak yang menggantung dan nafsu makannya menurun. kenapa ya mas? terus bagaimana cara mengatasinya agar nafsu makannya meningkat dan tidak terjadi kematian… kirim jawabannya ke email ni ya mas ( dewondaruu@yahoo.com ) thank’s. saya tunggu

    • pergantian air secara rutin perlu dilakukan. dan juga pemberian probiotik bila perlu untuk menigkatkan nafsu makan

  19. Asw.

    Mas saya mau coba tekuni pembesaran guramipake kolam Terpal, tolong kirim no Ponselnya ya,and saya kesultanmasalah bibit, saya tinggal di serdang bedagai Sumut, klu mau mnta bibit yang masih telur gimana

    Was

  20. apakah perlu pemakaian sekam ?
    yang digunakan sekam padi / sisi tetel gergaji ?

  21. sekitar satu minggu setelah benih saya tebar, ikan banyak yang mati tiap hari 10-20 ekor, apa ada yang salah dgn kolam saya? berapa hari sekali kolam harus di ganti air, mengingat airnya agak bau ( banger ) ato memang seperti itu, mohon di jawab makasih banyak ya bos…

    • kematian ikan tidak bisa dihindari karena faktor adaptasi ikan. bila kolam yang anda pakai sistem airnya tidak mengalir memang perlu dilakukan pergantian air untuk mengurangi limbah sisa pakan dan feces dari ikan yang nantinya akan bersifat racun bagi ikan. itu normal bila airnya bau

  22. saya sangat tertarik dengan budidaya ikan media kolam terpal ini, tapi saya mengalami kesulitan dalam mendapatkan benih terutama benh ikan lele dumbo. sebagai informasi saya bertempat tinggal di meulaboh aceh barat. mohon solusi nya… email saya asriadi86 manesa04@gmail.com. trims……

  23. Halo Mas…
    Saya mau tanya tentang pembuatan kolam terpal, saya rencana mau memelihara ikan nila dan ikan mas, apakah ada komposisi susunan dikolam agar dia merasakan seperti dikolam tanah atau kita isi aja air lalu kita masuk bibit ikannya. Dan satu lagi mas apa perlu kita memakai penyaring air agar air dikolam bisa disaring tanpa kita harus mengganti air lagi.terima kasih.(rafly.atjeh@yahoo.com)

  24. Mohon infomasi tentang tata cara memelihara ikan patin dengan menggunakan kolam terpal balas lewat email saya ya (andangjw@yahoo.com) terima kasih

  25. hallo mas,
    saya ingin tanya berapa kapasitas ikan mujair (pembesaran) bila kolaam terpal saya berukuran 3×2 dan 2×6. terimakasih infomasiya

  26. hallo mas,
    saya ingin tanya berapa kapasitas ikan patin (pembesaran) bila kolaam terpal saya berukuran 3×2 dan 2×6. terimakasih infomasiya

  27. salam kenal mas….aq dari blitar berminat untuk budidaya tapi saya punya lahan cukup luas, gimana solusinya, kalo pake’ terpal kemungkinan biaya malah besar. tanah saya kira2 20 m X 15 m. ada sungai kecil yang melintas jadi gmn ya enaknya …….makasih…

    • mending buat kolam semi permanen aja mas dengan dasar tanah dan dinding beton. bikin ukurannya terserah aja tergantung bentuknya mau model persegi atau persegi panjang. lebih efektif kalo ada lahan luas . kalau kurang terpal biasanya khusus untuk lahan yang terbatas

  28. tolong cara pembuatn kolam nya lenkap

  29. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama saya Usman,
    saya Dari Kal-Tim tepatx di Kota Tanah Grogot Kecamatan Pasir Belengkong,
    ” saya pengen bertanya”..
    1. Bagaimana cara pengaturan sistem pengairan pada kolam terpal..?
    2. Air yang baik untuk digunakan pada kolam terpal itu yg bagaimna..??
    dimohan solusi dan jawabannya..
    dimohon ya mas bantuannya..
    klw misalnya ada informasi baru tentang bisnis bapak saya harafkan di beritahukan ke saya,serta solusi dan bantuannya kami tunggu di email saya..
    usmanbayu28@yahoo.co.id

  30. mas.saya mau bertanya

    klau untuk anakan ikan lele sangkuriang yang ingin di tebar di kolam pakannya apa?

    • ukurannya berapa dulu mas. biasanya kalau sudah ukuran benih sudah bisa diberi pakan buatan pelet sesuai dengan ukuran bukaan mulutnya

  31. as.mas ne kasyo dari bengkulu mo nanya kalo kolam terpal ukuran 3×4 meter berapa bibit ikan nila yang dibutukan dan berapa pakan yang diperlukan satu kolam dalam sebualan bals ke email ga pa2 thank sblumnya

    • tiggal cari aja volume kolam yang kamu bikin. terus untuk padat tebarnya bibit ikannya tergantung ukuran ikan. normalnya ukuran bibit 8-12 cm sejumlah 5-10 ekor/m2

  32. ngasih makannya itu sehari brp kali?
    byr gk boros slain poor apa ?
    THX

  33. Ass.wr.wb.
    Mas di sekitar mojokerto ad g yg jualan indukan nila

  34. sampean hebat,mas saya mau tanya,kalo pakan lele yang dari tumbuhan itu apa ya/dan resikonya gimana

    • bisa jenis tumbuhan air seperti azolla.. tapi jangan sebagai makanan utama ya . itu cuma sebagai makanan tambahan saja. daun pepaya juga bisa

  35. mau nanya mas. klo pelihara ikan nila perlu ga’ airnya diganti??? klo perlu diganti,, berapa lama waktu pergantian airnya??

    trims

    • perlu diganti. patokannya tiap 2-3 hari sekali sekitar 50 %

  36. Mas klo buat kolam terpal yang dilengkapi dengan bottom drain yang disambugkan ke filter rakitan dgn 4 chamber boleh ga (info: kolamnya dipermukaan tanah dibuat dari susunan papan dan balok kaya buat peti) ?? bisa ngasih gambar dan tehnik pembuatannya ga biar ga bocor, mau cb buat nih buat melihara koi renc. ukrn kolam P 3m, L 2m, T 1m, tks b4

  37. Ass.wr.wb
    Mas aq Yasin dr ngoro-mojokerto. mau nanya tentang LUKA pada ikan NILAku,nih pengobatannya pake obat apa?n gimana caranya? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya
    Wr.wb

  38. ass.mas terpalnya itu tahan berapa bulan tu?dan cara memperbanyak bibit nya bagai mana?

    • bisa sampai 1-2 tahun tergantung cara budidaya yang digunakan

  39. pakan gurami yang baik apa mas

    • daun talas dikombinasi pakan buatan

  40. ass…
    mas apa nama pupuk untuk penyubur kolam?
    saya lagi nyari2 tahu ni…
    (umar, melawi. kalimantan barat)

    • bisa dengan pupuk kandang… biasanya yang dipakai jenis kotoran puyuh yang dimasukkan dalam karung plastik

  41. saya juga beternak ikan walau kecil2 an. kalau idealnya buat kolan dari semen untuk gurame bagaiman caranya ya. oh ya orang tua saya (bapak) juga asalnya dari belitung katanya dari plumpang tapi saya juga sampai skrng belum pernah kesana

  42. Apa terpal ini beli sudah terjahit/ terbentuk seperti kolam gitu,???

    • belum. nanti terpal yang menyesuaikan konstruksi kolamnya

  43. mas untuk kolam terpal ukuran 2×3 meter kira kira berapa banyak bibit ikan lele atau gurami yang ideal.lantas apakah perlu juga penggantian air untuk ikan lele ini,dan berapa lama waktu untuk penggantian airnya?mohon pencerahannya balas ke email saya ya mas di
    ridwan_safari2@yahoo.co.id

  44. saya mo tya nih!!! klo semen warna yg utk nat keramik ,apa bisa di gunakan utk dasar kolam ikan hias. t’rimakasih utk blsan’y.

    • bisa… prinsipnya hampir sama dengan kolam semen. perlu perendaman air dulu sbelum kolam dipakai pertama kali

  45. ini dia ide bisnis yang patut dicontoh…

  46. Mas, saya punya lahan nganggur sekitar 100m2 di bantul, kalau mau budidaya ikan nila, biar maksimal hasilnya gimana kolamnya? apa semua di satu kolam, atau dibikin petak2 lbh kecil. Mohon dijelaskan jg butuh modal berapa dan perhitungan/analisa hasilnya. Matur nuwun Mas,

  47. ide yang bagus mas, saya sangat berminat brkolam ikan menggunakan terpal, tolong dong mas, kasih saya informasi tentang koloam dari telpal yang untuk ikan nila dan lele dumbo,lele atau nila berapa ekor kapasitasnya /m2?? saya mau membuat kolam yang hanya dari terpal tanpa menggali tanah terlalu dalam.
    trsus pupuk kandang yang mas maksud sebgai penyubur kolam bagai mana proses nya? apakah pupuk kandang langsung ditaburan ke kolanya atau bagai mana?
    dan bagai mana proses pengantian airnya apakah harus tiap hari atau berkala bulanan?
    tolong mas info tentang kolam ikan dan perawatan ikannya

    tolong kirim ke email saya mas… (eksel_vico@yahoo.co.id)

  48. Untk ikan gurami kash makan daun pepaya bagus tdk? Trims

    • cukup bagus. namun lebih bagus lagi dengan daun talas

  49. Untuk terpalnya sendiri apakah di pesan dr tukang terpal or kita harus buat sendiri..?

  50. panah cinta tertancap sampai ahkir hayat

  51. Budi baik anda akan diberkahi Allah
    trims infonya

  52. Brp byk pakan yg diperlukan jika melakukan pembesaran patin di kolam terpal

  53. mas, klo saya bikin kolam semen di dalam pabrik ukuran 5×5… itu kan ga kena sinar matahari,, ada pengaruh ga ke ikan?? soalnya saya berencana bikin usaha lele.. saya pemula.. mohon bimbingannya.. terima kasih byk.

  54. Saya sedang buat kolam terpal
    Untuk larva nila,
    Supaya kolam tsb tumbuh
    Pakan alami,
    Bagaimana cara ny?

    Dan,bagaimana cara pemupukan sebelum kolam di pakai?

    Trims

    Nugra

  55. mau tanya, untuk pelipatan terpal di sudut2 bagaimana ya?
    juga untuk membuat lobang pembuangan air, supaya tidak bocor bagaimana ?

    trims

    • pelipatannya ke sisi luar jadi kolam berbentuk kotak. untuk pembuangan air dilakukan dengan cara penyifonan

  56. Dengan hormat.kepada bagian teknik.apa maksud dan bedanya posisi terpal yang silver di atas dan di bawah pada pembuatan kolam lele terpal.mohon penjelasan detil informasinya.trimakasih

  57. mas mau nanya nih,,,,pake kolam terpal sebelum di tebar benih pa yg hrs dilakukan terhadap kolam????pa hrs diisi pupuk kandang taw yg lain2???mohon bimbingan nya mas,,,,,
    trimakasih sebelum nya tas jawaban nya nanti,,,,,

  58. Mas saya tertarik budi daya ikan nila dikolam terpal,mohon petunjuk cara perlakuan kolam sebelum bibit ditebar.apa jenis nila yang cocok, berapa kepadatan bibit yang bisa saya masukkan, trus sistem drainasenya bagai mana kalau hujan turun. berapa lama airnya harus diganti. apa perlu memakai penyaring tanpa harus mengganti air, apa boleh sumber airnya dari sumur (sedikit keruh). Terimakasih banyak atas banatuannya Mas.
    E-mail saya: yul_handri@yahoo.co.id

  59. Gimana cara mempercepat pembesaran ikan nila di kolam terepal.tolong tips nya mas?

  60. assalamualaikum wr wb

    mf neh mas sblm-y sya mau tanya tentang budi daya bawal d’kolam terpal itu cara-y gmna ya?

  61. mas saya punya kolam terepal.untuk ikan ila,kira2 ukurn 3-4cm,,dan ternyata setelah 2 minggu ikan bayak matigmn cara mengatasi nya…tolong tips nya..

    • mungkin perlu penggantian air yang teratur mas, kolam terpal beda dengan kolam tanah yang bisa menyerap sisa kotoran ikan. sehingga di kolam amoniak kadar amoniak akan cepat meningkat

      • gimana cara penggantian kolam terepal mas,,ap air nya harus di buang semua apa setengahnya aja,,karna air nya terlalu hijau,end banyak lumut di dasar kolam,,

  62. kalo pupuk kandang sapi kambing bagus nggak mas untuk kolam terpal

  63. bisa nggak ikan nila dicampur dengan emas..atau gurami ..? makasih

  64. salam.
    mas prtmbuhan nila dr 5cm ke 12cm brp lma y?
    syukron

  65. […] CARA PEMBUATAN KOLAM TERPAL – Zona ik@n | it's all about … […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: